Gus Halim: Kades Jadi Kunci Percepatan Pembangunan Desa

M. Isa | Rabu, 08/11/2023 20:35 WIB
Gus Halim: Kades Jadi Kunci Percepatan Pembangunan Desa Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar kembali menegaskan bahwa Kepala Desa (Kades) menjadi kunci dalam percepatan pembangunan.

Gus Halim-sapaan akrabnya menjelaskan bahwa pola pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa yang paling efektif adalah menggunakan metode replikasi.

“Modifikasi itu supaya implementasinya tidak hanya sekadar menjiplak, tanpa menyesuaikan dengan kondisi objektif masing-masing,” jelas Gus Halim dilansir kemendes, Rabu, 8 November 2023.

Pola replikasi yang dimaksud, kata Gus Halim, adalah dengan mencontoh keberhasilan satu desa untuk diterapkan di desa lainnya. Langkah ini tentunya perlu dilakukan modifikasi guna menyesuaikan karakteristik geografis maupun budaya di desa tersebut.

Lebih khusus lagi, Gus Halim menyampaikan bahwa Kepala Desa adalah figur yang dipercaya karena seleksinya melalui proses panjang serta melalui seleksi alam yang tidak kalah ketatnya dengan Bupati maupun Gubernur. Oleh karena itu, Kepala Desa mendapat otoritas untuk melakukan pembangunan di desa.

“Karena posisinya itulah maka kunci dari seluruh proses dan keberhasilan pembangunan serta pemberdayaan masyarakat desa itu ada di Kepala Desa. Ini sudah kita buktikan ketika Kepala Desa bagus maka desanya pasti bagus,” tegas Gus Halim.