Mentan Amran Prioritaskan Genjot Produksi Padi dan Jagung

Rahmad Novandri | Kamis, 02/11/2023 22:45 WIB
Mentan Amran Prioritaskan Genjot Produksi Padi dan Jagung Amran Sulaiman (Menteri Pertanian RI). (Foto: Kementan RI)

RADARBANGSA.COM - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengatakan bahwa pihaknya akan fokus pada pembenahan stok pangan di Indonesia. Sebab, menurutnya, stok pangan di Indonesia saat ini sedang dalam kondisi menurun.

Amran mengatakan fokus pihaknya saat ini menggenjot dan memproduksi padi dan jagung. Meski begitu dia mengatakan bahwa komoditas lain tak akan dilupakan.

"Padi dengan jagung. Tapi yang lain tidak ditinggalkan," kata Mentan dikutip dari okezone.com, Kamis, 2 November 2023.

Adapun langkah yang akan dilakukan Mentan ialah dengan memanfaatkan lahan rawa untuk dapat ditanami komoditas pangan padi dan jagung. 

Adapun perluasan lahan tanam ini akan dilakukan sebagai kelanjutan dari program optimasi pemanfaatan lahan rawa yang pernah dilakukan Mentan Amran pada tahun 2014-2019 di masa kepemimpinannya yang lalu.

"Ini kan sudah kita kerjakan rawa itu di Sumsel dan Kalsel. Nanti fokus pada 10 provinsi tapi fokus terbesar itu Kalteng, Sumsel, Kalsel dan Kalbar," tukasnya.

Mentan Amran menargetkan bahwa pada tahun 2024 pihaknya dapat menanam padi di 1 juta hektare lahan rawa mineral. "Mudah-mudahan tahun depan bisa kita bangun 1 juta hektar. Target kita itu. Saat ini sudah turun tim bekerja di lapangan," tuturnya. 


Berita Terkait :