Ditargetkan Beroperasi Oktober, Presiden Jokowi Uji Coba KCJB Hari Ini

Anata Lu’luul Jannah | Kamis, 14/09/2023 13:20 WIB
Ditargetkan Beroperasi Oktober, Presiden Jokowi Uji Coba KCJB Hari Ini kereta cepat jakarta bandung (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo bersama Menko Marves Luhut B. Pandjaitan melakukan uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) dari stasiun Halim hingga stasiun Padalarang. Uji coba ini kemudian dilanjutkan menggunakan KA feeder sampai ke stasiun Bandung.

“Kecepatan KCJB ini mencapai 350km/jam dengan menempuh jarak 142,3 km dari stasiun Halim sampai stasiun Tegalluar. Saya kira KCJB ini menjadi salah satu solusi yang tepat, karena masyarakat hanya butuh waktu sampai Padalarang itu 32 menit, dan sebaliknya dari Tegalluar sampai Halim hanya 44 menit,” jelas Menko Luhut dalam keterangan tertulis, Kamis 14 September 2023.

Total panjang trase proyek KCJB mencapai 142,3km yang dimulai dari stasiun Halim hingga stasiun Tegalluar. Trase tersebut terbagi di antara lain jembatan, tanah timbunan, terowongan, dan jalan rel. Terdapat empat stasiun pada proyek KCJB, yaitu Stasiun Halim, Stasiun Karawang, Stasiun Padalarang, dan Stasiun Tegalluar. 

Kontribusi proyek KCJB terhadap penerimaan negara hingga Agustus 2023 diperkirakan mencapai Rp10,3 triliun. Estimasi kontribusi sebesar Rp11,1 trilliun pada Oktober 2023.

“Saat nanti sudah beroperasi, diperkirakan pada akhir tahun ini hingga awal tahun depan ditargetkan sebanyak 40-68 kali perjalanan tiap harinya. Harga tiketnya juga saya kira masih sangat terjangkau, yaitu Rp150.000-Rp350.000 per tiketnya,” imbuhnya.


Berita Terkait :