Komisi IV DPR RI Minta Kementan Siapkan Solusi Hadapi El Nino

Rahmad Novandri | Senin, 04/09/2023 16:31 WIB
Komisi IV DPR RI Minta Kementan Siapkan Solusi Hadapi El Nino Wakil Ketua Komisi IV DPR Anggia Erma Rini (foto: dpr)

RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Anggia Erma Rini meminta Kementerian Pertanian (Kementan) untuk menyiapkan solusi menghadapi El Nino di Indonesia. Hal tersebut, menurut Anggia, agar para petani tidak menurun produktivitasnya akibat cuaca panas yang berkepanjangan.

"Karena ini kita sudah memasuki El Nino harus ada antisipasi yang memang update kepada masyarakat, warga terutama petani, supaya tidak terlalu jatuh produktivitasnya karena nggak ada hujan. Karena perkiraan sampai Oktober nanti akan kekeringan dan ini masyarakat di lapangan sudah banyak kekeringan," ujarnya dilansir dari laman resmi DPR RI, Senin, 4 September 2023.

Kementan, lanjutnya, bisa membantu mempersiapkan pompa air untuk mengairi ladang petani di tengah kekeringan yang terjadi. Sebab, El Nino yang berkepanjangan ini diharapkan jangan sampai mempengaruhi persediaan pangan di dalam negeri.

"Harus ada, misalnya, terobosan penyediaan sumber-sumber air, harus ada itu. Kementerian Pertanian kalau misalnya dibutuhkan salah satunya di pompa air, meskipun tidak bisa ambil ke sumur, tetapi bisa mengalirkan. Itu juga menjadi salah satu pertimbangan atau afirmatif yang bisa digunakan untuk para petani," tukas Politisi Fraksi PKB ini.

Diketahui, Indonesia saat ini sedang mengalami dampak dari El Nino. Fenomena El Nino menyebabkan berbagai wilayah di Indonesia mengalami musim kemarau lebih kering dibandingkan 3 tahun sebelumnya.