Bangkitkan Bangsa Mandiri dan Maju, Gus Imin Launching Gerbang Emas Nusantara

Rahmad Novandri | Rabu, 09/08/2023 20:36 WIB
Bangkitkan Bangsa Mandiri dan Maju, Gus Imin Launching Gerbang Emas Nusantara Ketua Umum PKB, Gus Imin resmi meluncurkan Gerbang Emas Nusantara di Allium Hotel, Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Rabu (9/8). (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus Imin secara resmi meluncurkan Gerbang Emas Nusantara di Allium Hotel Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Rabu, 8 Agustus 2023.

“Marilah kita bersama-sama membaca basmalah untuk meresmikan program-program Gerbang Emas Nusantara, Bismillahirrahmanirrahim,” ucap Gus Imin disertai pemukulan Gong sebanyak tiga kali yang didampingi Sekjen PKB Hasanuddin Wahid, Ketua DPW PKB Jawa Tengah KH Muhammad Yusuf Chudlori.

“Saya bersyukur seluruh rentetan agenda juang Gerbang Emas Nusantara adalah seluruh rangkaian etape yang harus kita perjuangkan bersama,” sambung Gus Imin. 

Bahkan jauh sebelum Kemerdekaan, imbuh Gus Imin, Hadratusyaikh KH Hasyim Asy’ari, KH Wahab Chasbullah, KH Bisri Syansuri di bawah bimbingan Syaikona Kholil Bangkalan dan para wali-wali lainnya, yang mulai dari taswirul afkar (gerakan pemikiran, kajian, pencarian solusi kehidupan), nahdlatut tujjar (gerakan ekonomi yang membangkitkan kemampuan dan kapasitas ekonomi rakyat, Nahdlatul Wathon (gerakan kebangsaan) yang akhirnya membawa bangsa ini merdeka.

“Spirit tiga pilar tersebut menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari perjuangan, pendidikan, sosial budaya, ekonomi, tradisi, etos dan peradaban manusia yang semuanya terangkai dalam satu gerakan yang utuh,” imbuh Gus Imin.

Menurut Gus Imin, politik sebagai rangkaian dari pijakan semua gerakan itu mempercepat dan memperlancar. Jadi politik adalah jembatan yang memperlancar seluruh gerakan-gerakan itu, “Bahkan Hadratusyaikh Hasyim Asy’ari mengawali dari gerakan pesantren pemikiran dan kajian lalu berkembang menjadi kekuatan umat dan masyarakat bahkan dimulai dengan gerakan politik,” ucapnya. 

“Gerakan politik adalah langkah cepat untuk meraih seluruh rangkaian itu secara simultan. Oleh karena itu, kalau PKB diberi amanat rakyat dan menang, maka seluruh rangkaian itu akan dipercepat pelaksanaannya,” tambahnya.

Dari zaman ke zaman, dari era ke era, lanjut Gus Imin, perjuangan ekonomi mengalami tantangan yang tidak mudah ini dikarenakan seluruh rangkaian itu menyerahkan sepenuhnya kepada hukum pasar, hukum alam yang tidak pernah adil.

“Hukum pasar memang sunatullah yang diciptakan tumbuh berkembang tanpa ada yang mengaturnya sehingga selalu saja hukum yang berkembang yang kuat yang selalu makan yang lemah. Yang kaya makin kaya, yang miskin makin miskin, itu fakta sosial politiknya,” lanjut Gus Imin.

Bagaimana agar itu tidak terjadi, tegas Gus Imin, maka lahirlah apa yang disebut pemerintahan dan negara. Menurutnya, negaralah yang hadir dan muncul membawa keadilan dan kesempatan yang sama sekaligus tugas utamanya adalah menolong dan membangkitkan yang lemah agar bisa berdiri sejajar dan memiliki kesempatan yang sama dengan yang kuat. “Oleh karena itu, wajib hukumnya berpolitik agar agar kita bisa menolong yang lemah untuk memberikan kesempatan yang seluas-luasnya,” tegasnya.

“Bagaimana dengan sekarang ini. Terus terang kita setengah mati, kita terus berjuang dengan sayap yang terbatas, dengan 58 kursi (di DPR RI), Wakil Presiden dan beberapa Menteri, bupati, adalah sayap-sayap politik yang terbatas yang akan kita optimalkan terus menerus untuk membangun kemajuan ekonomi baik secara sistemik maupun tumbuh dengan kekuatan kemandiriannya,” kata Gus Imin.

Wakil Ketua DPR RI itu menegaskan bahwa PKB harus mempersiapkan tahapan secara baik sehingga terlibat dalam Gerakan Kebangkitan Ekonomi Nusantara, “Dengan semangat itulah, kita harus mempersiapkan dengan baik-baik, tahapan di setiap era terus kita sempurnakan. Dari Aceh hingga Papua, harus menjadi pelaku aktif dari Gerakan Kebangkitan Ekonomi Nusantara. Karena disitulah letak keberhasilan kita sebagai sebuah bangsa. Di situlah kita memulai mewujudkan bangsa yang mandiri, maju, berdaulat dengan potensi yang dahsyat,” tegasnya.

“Oleh karena itu, PKB bertekad, kalau tidak Presiden, wakil Presiden, DPR 100 kursi, pasal 33 UUD 1945 akan kita laksanakan secara murni dan konsekuen. Yang berarti bahwa bumi, air dan kekayaan di dalamnya akan mewujudkan secara cepat keadilan dan kemakmuran ekonomi,” tukas Gus Imin.

Berikut Program Gerbang Emas Nusantara:
-    Laskar Abdi Peduli Penggerak Ekonomi Rakyaat (LAPPERA)
-    Badan Penataan dan pengembangan kawasan
-    Koperasi Gerbang Emas Nusantara
-    Lembaga keuangan mikro Gerbang Emas Nusantara
-    Badan Diklat kader intelijen ekonomi
-    Balai pelatihan Gerbang Emas Nusantara
-    Forum pengusaha berdaulat dan berdikari 
-    Forum saksi pemenangan PKB
-    Rampai anthrananta drupadi abdi bumi
-    Fajar Indonesia muda berkarya
-    Lembaga kajian strategis geoekonomi politik internasional.


Berita Terkait :