Norwegia Dukung Transisi Energi di Indonesia dan ASEAN

M. Isa | Rabu, 09/08/2023 19:53 WIB
Norwegia Dukung Transisi Energi di Indonesia dan ASEAN Energi Baru Terbarukan (foto: antaranews)

RADARBANGSA.COM - Anggota Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Kamrussamad menilai pemberian dana sebesar USD250 juta dari Norwegia ke pemerintah Indonesia, menjadi bukti nyata Komitmen Norwegia untuk menciptakan transisi energi di Indonesia.

"Posisi Indonesia sebagai presiden AIPA (ASEAN Inter-parliamentary assembly) dalam sidang umum ke-44 ini, mendorong kerjasama regional ASEAN dengan Norwegia dalam beberapa aspek. Pertama soal transisi energi, yakni tidak lain untuk menciptakan iklim dan  kondisi udara yang lebih baik di kawasan ASEAN," ungkap Kamrussamad di Jakarta, Rabu, 9 Agustus 2023.

Menurut Kamrussamad, pemberian dana untuk transisi energi di Indonesia itu menurut Politisi dari Fraksi Partai Gerindra ini sebagai sebuah bukti komitmen Norwegia dalam rangka mendorong terciptanya transisi energi di Indonesia.

“Oleh karenanya, Indonesia melalui AIPA harus mampu melanjutkan, dan meningkatkan kerjasama yang sudah terjalin dengan baik tersebut,” imbuhnya.

Tidak hanya itu, Kamrussamad menyampaikan komitmen Indonesia untuk terus mendorong perdamaian di ASEAN. Dimana menurutnya, ASEAN merupakan sebuah komunitas yang harus terus menjadi sebuah kekuatan untuk mencapai perdamaian di seluruh dunia.

"Kami juga mendorong upaya prosperity, isu-isu kesejahteraan dalam mengatasi kemiskinan di setiap negara. Tidak hanya itu, dalam kesempatan itu juga terungkap kemungkinan kerjasama AIPA, seperti di sektor perikanan dan budaya. Dimana satu sama lain kita bisa saling mengadopsi, sehingga bisa menciptakan kekuatan ekonomi baru di regional ASEAN," pungkasnya.


Berita Terkait :