Awasi Keamanan Pangan, Pemkot Tangerang Lakukan Pengujian Sampel di Sejumlah Pasar

M. Isa | Selasa, 08/08/2023 21:24 WIB
Awasi Keamanan Pangan, Pemkot Tangerang Lakukan Pengujian Sampel di Sejumlah Pasar Dinas Kota Tangerang Banten sedang menguji makanan dari pasar (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) tengah melakukn pengujian sampel disejumlah pasar tradisional maupun modern di Kota Tangerang. Hal ini dilakukan untuk menjaga keamanan pangan di Kota Tangerang.

“Mulai dari menjaga kebersihan pangan, tidak menggunakan alas koran dalam berdagang, serta menutup makanan dengan baik. Tujuannya, agar makanan yang dijual belikan tidak tercemar dan aman dikonsumsi,” kata Kepala Dinas Kesehatan, Kota Tangerang, dr Dini Anggraeni di Tangerang, Selasa, 8 Agustus 2023.

Dini menjelaskan bahwa pada pengujian sampel pada Pasar Poris hasilnya 92,6 persen dinilai aman dari 23 sampel makanan yang diambil. Dimana tiga diantaranya positif formalin, seperti mie kuning dan tahu cokelat. Sedangkan pada Pasar Laris Cibodas hasilnya dinyatakan 98,0 persen aman dari 28 sampel yang diambil, satu diantaranya positif formalin yaitu pangan tahu putih cina.

“Masih ada lima pasar lagi yang akan disambangi Dinas Kesehatan, dengan agenda yang sama, yang akan dilakukan secara berkala. Ini juga menjadi salah satu agenda Dinas Kesehatan, dalam rangka Kemerdekaan RI atau Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia (RI),” jelas Dini.

Dini mengimbau kepada masyarakat Kota Tangerang agar berhati-hati dalam memilih makan, minuman dan pangan apalagi dengan warna yang mencolok.

“Masyarakat tetap berhati-hati dalam memilih makanan, minuman atau pangan. Caranya dengan menghindari makanan yang berwarna mencolok, serta mengurangi konsumsi makanan yang terlalu kenyal,” tukas Dini.