Menparekraf Apresiasi Antusiasme Pemda Ikuti Lomba Video Promosi Parekraf APPI 2023

M. Isa | Selasa, 18/07/2023 22:46 WIB
Menparekraf Apresiasi Antusiasme Pemda Ikuti Lomba Video Promosi Parekraf APPI 2023 APPI 2023 (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi partisipasi aktif dan antusiasme pemerintah daerah (pemda) seluruh Indonesia dalam program Apresiasi Pemasaran Pariwisata Indonesia (APPI) yang merupakan kegiatan lomba video kreatif Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI).

"Saya mengapresiasi dan sangat menghargai kreativitas pemerintah daerah dalam mempromosikan destinasi wisatanya. Terutama desa-desa wisata, event daerah, seni dan budaya yang sangat beragam serta kuliner-kuliner yang sangat menarik," kata Menparekraf Sandiaga di Jakarta, Senin, 17 Juli 2023.

Sandiaga Uno mengatakan, dalan APPI tersebut, pemerintah daerah se-Indonesia disyaratkan mengirimkan video berdurasi 1 menit yang mempromosikan destinasi wisata juga ekonomi kreatif masing-masing daerah. Program tersebut dimulai pada Maret hingga Juni 2023.

“Setiap bulannya terdapat tantangan yang diberikan kepada seluruh dinas untuk dapat membuat video dengan berbagi tema mulai dari destinasi wisata, event daerah, seni dan budaya, serta kuliner,” kata Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno menjelaskan bahwa APPI diharapkan dapat menghadirkan ruang-ruang tersebut sebagai bentuk kolaboraksi pemerintah pusat dengan pemerintah daerah di seluruh Indonesia dalam mempromosikan destinasi wisata, seni dan budaya, kuliner, serta event kepada seluruh masyarakat Indonesia.

“Program ini juga merupakan langkah awal dan diharapkan pemerintah daerah ke depannya dapat membentuk tim kreatif pemasaran pariwisata (Tiki Peta) yang beranggotakan anak muda kreatif termasuk di dalamnya fotografer, videografer, desainer grafis, dan pengelola media sosial untuk terus berinovasi, beradaptasi, dan berkolaborasi dalam bidang pemasaran pariwisata, khususnya melalui pemasaran secara digital,” tukasnya.

Sebagai informasi, selama empat bulan penyelenggaraan APPI berhasil terkumpul 1.348 video dan telah disaksikan lebih dari 1,5 juta penonton. Adapun tema video yang ditampilkan adalah destinasi wisata (Maret), event daerah (April), seni dan budaya (Mei), serta kuliner (Juni).

TAG : Parekraf , APPI