Arzeti Bilbina Minta Pemerintah Siapkan Solusi Atasi Risiko Polusi Udara pada Anak

Rahmad Novandri | Kamis, 08/06/2023 19:45 WIB
Arzeti Bilbina Minta Pemerintah Siapkan Solusi Atasi Risiko Polusi Udara pada Anak Arzeti Bilbina (Anggota Komisi IX DPR RI). (Foto: DPR RI)

RADARBANGSA.COM - Anggota Komisi IX DPR RI, Arzeti Bilbina meminta pemerintah untuk menyiapkan solusi jangka pendek mengatasi risiko polusi udara pada anak. Hal itu menanggapi terkait kualitas udara di sejumlah wilayah Indonesia dalam kondisi yang mengkhawatirkan.

"Dampak kualitas buruk pada kesehatan anak bisa sangat mengkhawatirkan. Anak-anak yang kurang daya tahan tubuhnya bisa dengan mudah terjangkit penyakit. Termasuk juga bagi lansia dan orang yang memiliki komorbid," kata Arzeti dilansir dari laman resmi DPR RI, Kamis, 8 Juni 2023.

Pemerintah memang tengah menyiapkan solusi jangka panjang dalam upaya perbaikan kualitas udara dengan menggencarkan program kendaraan listrik guna mengurangi polusi. Meski begitu, Arzeti menilai harus ada upaya jangka pendek di sektor kesehatan dalam menghadapi ancaman kualitas udara yang buruk.

"Ancaman polusi udara meningkatkan risiko infeksi pernafasan akut seperti ISPA dan pneumonia. Dan kita tidak bisa menutup mata polusi udara bisa berdampak pada risiko penyakit jantung dan kanker untuk jangka panjang. Ini harus menjadi perhatian serius," tegas Politisi PKB ini.

Persoalan kesehatan, terang Arzeti, tidak bisa menunggu pencapaian program-program jangka panjang Pemerintah, apalagi untuk kelompok rentan seperti anak. Arzeti pun menyoroti banyaknya laporan mengenai anak-anak yang belakangan gampang terkena penyakit.

"Anak-anak akhir-akhir ini mudah terserang batuk dan flu. Tidak sedikit juga yang terkena ISPA. Tentunya harus diwaspadai karena menurut WHO, ISPA menjadi penyebab utama angka kematian akibat penyakit menular di dunia," ungkapnya.