Pemerintah Fokus Lakukan Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tropis

M. Isa | Jum'at, 24/02/2023 21:47 WIB
Pemerintah Fokus Lakukan Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tropis Budi Gunadi Sadikin (Menteri Kesehatan RI). (Foto: Kemenkes RI)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah terus berupaya melakukan pencegahan dan pengendalian penyakit tropis terabaikan atau neglected tropical diseases (NTDs).

Menurut Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin, upaya ini dilakukan untuk mengejar target eliminasi NTDs di Indonesia. Penyakit ini NTDs ini disebabkan oleh berbagai patogen, termasuk virus, bakteri, protozoa, dan cacing parasit.

“Untuk NTDs ini vaksinnya belum ada, jadi protokol kesehatannya harus bagus, surveilansnya mesti bagus, dan pengobatannya juga mesti bagus,” kata Menkes Budi Gunadi Sadikin dalam rilisnya, Jumat, 24 Februari 2023.

Menkes Budi menuturkan bahwa di Indonesia ada sejumlah penyakit NDTs yang diprioritaskan antara lain filariasis, cacingan, schistosomiasis, kusta, dan frambusia. Kemenkes sampai saat ini tengah menargetkan eliminasi 5 penyakit tersebut.

Sementara itu, Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dr. Maxi Rein Rondonuwu menyampaikan bahwa upaya eliminasi kusta di Indonesia telah termuat dalam dokumen kebijakan dan dokumen rencana strategis nasional, yaitu Renstra Kementerian Kesehatan 2020-2024 dan RPJMN Kesehatan 2020-2024, sebagai salah satu indikator penanganan penyakit tropis terabaikan.

“Untuk memantapkan langkah mewujudkan eliminasi kusta, dalam waktu dekat akan terbit Rencana Aksi Nasional Eliminasi Kusta tahun 2023 – 2027,” tukasnya.


Berita Terkait :