Pemerintah Apresiasi Produksi Vaksin Dalam Negeri

M. Isa | Senin, 10/10/2022 16:27 WIB
Pemerintah Apresiasi Produksi Vaksin Dalam Negeri Budi Gunadi Sadikin (Menteri Kesehatan RI). (foto: Setkab RI)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah melalui Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin mengapresiasi produksi vaksin dalam negeri dengan platform teknonologi berbasis messenger RNA (mRNA).

“Produk ini merupakan buah dari pengembangan industri berbasis bioteknologi di Indonesia,” kata Menkes Budi Gunadi Sadikin dalam keterangannya, Jumat, 7 Oktober 2022 lalu.

Menkes Budi Gunadi Sadikin menyatakan tren dunia dalam 10 tahun terakhir menunjukkan bahwa obat-obatan yang terjual di pasaran berbasis biologi. Oleh sebab itu, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan mendorong pengembangan obat-obatan tidak hanya berbasis kimia, tetapi juga biologi.

“Mudah-mudahan ke depannya Indonesia memimpin bioteknologi ini dan kita akan menjadi negara maju,” ucap Menkes Budi.

Sementara itu, Direktur Utama PT Etana Biotechnologies Indonesia Nathan Tirtana mengatakan PT Etana telah berhasil memproduksi vaksin COVID-19 dengan platform mRNA. Peresmian pabrik ini merupakan komitmen PT Etana dalam memproduksi obat biologis.

“PT Etana didukung 100% oleh putra-putri Indonesia. Kita bersama-sama membangun teknologi ini, di biofarmasi kita juga berkolaborasi dengan para peneliti, para dokter untuk membangun ketahanan kesehatan di Indonesia,” katanya.

Menurutnya, industri kesehatan bisa berkembang harus didukung oleh sistem kesehatan yang baik melalui transformasi kesehatan seperti yang dicontohkan Kemenkes. “Jadi kami terima kasih kepada Menkes secara luas sehingga produk kami bisa digunakan untuk kesehatan Indonesia,” tukasnya.


Berita Terkait :