Vietnam Blokir Drama The Little Woman akibat Distorsi Sejarah

Anata Lu’luul Jannah | Kamis, 06/10/2022 16:06 WIB
Vietnam Blokir Drama The Little Woman akibat Distorsi Sejarah Park Ji Hoo, Kim Go Eun, Nam Ji Hyun perankan tiga bersaudara dalam Serial Netflix Little Woman (Doc: Netflix)

RADARBANGSA.COM – Vietnam telah meminta Netflix untuk berhenti menayangkan serial drama Korea Selatan Little Women dengan tuduhan serial tersebut mendistorsi peristiwa sejarah yaitu Perang Vietnam, kata media pemerintah, Rabu 5 Oktober 2022.

Pemerintah setempat menyatakan bahwa series diduga melanggar Pasal 4, Pasal 9 UU Pers tentang memutarbalikkan sejarah, mengingkari prestasi revolusioner, menghina bangsa, dan juga Pasal 11 UU Pers.

Usut punya usut, pelanggaran tersebut ternyata muncul dalam episode 3 dan 8 dan 12 saat para karakter berbicara tentang Perang Vietnam antar Perang Korea.

Otoritas Penyiaran dan Informasi Elektronik Vietnam mengajukan keberatan karena Drama itu memberikan informasi yang salah, pada perang tahun 1964 dan 1973 seperti tentang rasio pembunuhan pasukan Korea – Vietnam 20: 1 yang berarti 20 Viet Cong yang terbunuh oleh satu tentara Korea.

Dalam sepucuk surat yang dikirim ke Netflix, pemerintah juga menyebut dialog antar karakter yang memuji kejahatan tentara bayaran Korea" selama perang.

Sebelumnya Netflix telah menghapus dua seri dari situsnya di Vietnam setelah menerima keluhan dari otoritas lokal atas tuduhan "melanggar kedaulatan negara".

Film Put Your Head on My Shoulder ditarik dari Vietnam tahun lalu dan pada tahun 2020 masing-masing karena adegan yang berisi peta Laut Cina Selatan yang menunjukkan klaim Beijing di jalur air titik nyala.

Drama politik AS Madam Secretary juga dihapus dari negara itu pada tahun 2020 karena adegan yang memberi judul kota kuno Hoi An di Vietnam tengah sebagai "Fuling, China".

 


Berita Terkait :