Drone China Tertembak Saat Terbang di Teritori Taiwan

Anata Lu’luul Jannah | Rabu, 31/08/2022 16:30 WIB
Drone China Tertembak Saat Terbang di Teritori Taiwan Penampakan Pulau Kinmen, wilayah Taiwan yang jaraknya hanya beberapa mil dari China (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM –  Armada Militer Taiwan pada Selasa sore melepaskan tembakan ke 3 (tiga) drone China yang memasuki wilayahnya.

Menurut laporan yang beredar, armada China terbang di atas zona terlarang, pulau Erdan. Sebelum melakukan penembakan, pasukan Taiwan telah mengirimkan peringatan namun tidak digubris. Akibatnya militer taiwan langsung menembakkan tembakan peringatan ke armada tak berawak China itu.

Pasca penembakan, drone-drone itu segera terbang kembali ke Kota Xianmen yang merupakan Wilayah China.

Fenomena penembakan itu adalah pertama kalinya terjadi di tengah ketegangan yang meningkat antara China dan Taiwan.

Mengutip The Guradian, Juru bicara komando pertahanan Kinmen, Chang Jung-shun mengatakan peluru langsung ditembakkan sebelum pukul 6 sore (10 pagi GMT) ke pesawat tak berawak, yang terbang di atas Pulau Erdan. Drone juga dilaporkan melintas di beberapa pulau, seperti Pulau Kinmen dan Quemoy menurut beberapa laporan.

Drone itu kemudian segera kembali ke teritori China, katanya.

Sebelumnya Taiwan mengeluhkan pesawat tak berawak China berulang kali terbang sangat dekat dengan pulau Taiwan yaitu Pulau Kinmen, yang merupakan tempat latihan militer Taiwan.

Taiwan menilai jika serangan drone merupakan serangan awal China sebagai bentuk akuisis wilayah tersebut.


Berita Terkait :