Menkes Budi Gunadi Sadikin Buka HWG ke-3 Presidensi G20 Bali

M. Isa | Senin, 22/08/2022 20:01 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin Buka HWG ke-3 Presidensi G20 Bali Health Working Group Presidensi G20 Bali (foto: kemenkes)

RADARBANGSA.COM – Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin secara resmi membuka Health Working Group (HWG) ke-3 Presidensi G20 di Bali, Senin 22 Agustus 2022. HWG ini mengangkat filosofi ‘Tat Twan Asi’ yang bermakna Filosofi tersebut bermakna ‘Saya adalah Anda, Anda adalah Saya’.

Menurut Menkes Budi Gunadi Sadikin, HWG merupakan upaya bersama tingkat global dalam upaya pencegahan, kesiapsiagaan, dan respons dalam menghadapi pandemi yang akan datang.

Menkes Budi menyampaikan bahwa sebuah pandemi dapat muncul di mana saja di dunia, dan dengan demikian respons yang cepat itu penting untuk dapat mencegah, menahan, dan merespon penyakit. Demikian pula, suatu penyakit mulai mereda di satu tempat, tapi muncul di tempat lain. Hal itu dapat menyebabkan penyakit bangkit lagi di tempat awal.

“Ini adalah tanggung jawab kita bersama untuk memanfaatkan momen ini untuk memperluas penelitian dan kapasitas produksi yang adil dan merata dalam upaya pencegahan, kesiapsiagaan, dan respon secara global,” kata Menkes Budi Gunadi Sadikin.

Menkes Budi ingin menyuarakan di pertemuan HWG ke-3 ini adalah equality, yakni prinsip-prinsip equality dalam riset dan produksi. Karena pada saat pandemi ini terjadi kalau kita tidak memiliki kapasitas yang merata di seluruh dunia pandemi itu tidak akan selesai.

“Sehingga konsepnya adalah seluruh umat manusia di Indonesia harus diobati, atau prinsipnya menjadi pandemi one for all, all for one,” tukasnya.


Berita Terkait :