Kemnaker Dorong Perusahaan Terapkan Nilai Luhur Industrial Pancasila

M. Isa | Kamis, 07/07/2022 17:23 WIB
Kemnaker Dorong Perusahaan Terapkan Nilai Luhur Industrial Pancasila Dirjen PHI dan Jamsos Kemnaker, Indah Anggoro Putri (foto: kemnaker)

RADARBANGSA.COM – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mendorong perusahaan pertambangan di Indonesia terapkan nilai luhur industrial Pancasila agar tercipta hubungan industrial yang harmonis

"Kita mempunyai nilai-nilai luhur Pancasila yang harusnya menjadi panduan kita sehari-hari, khususnya Bapak Ibu di industri pertambangan," kata Direktur Jenderal PHI-Jamsos, Kemnaker, Indah Anggoro Putri saat menjadi pembicara dalam dialog Industri Pertambangan Indonesia secara virtual, Rabu 6 Juli 2022.

Menurut Putri, selama ini perusahaan hanya fokus memajukan bisnis, tapi lupa bahwa employment engagement dalam konteks hubungan industrial Pancasila yang harmonis juga bisa menjadi vehicle untuk menuju pertumbuhan bisnisnya.

Putri pun menyampaikan ciri-ciri khusus hubungan industrial Pancasila,  Pertama, mengakui dan menyakini bahwa bekerja bukan sekadar mencari nafkah melainkan juga sebagai pengabdian manusia kepada Tuhannya, kepada sesama manusia, masyarakat, bangsa, dan negara.

Kedua, kata Putri menganggap pekerja bukan hanya sekadar faktor produksi belaka, melainkan sebagai manusia pribadi dengan segala harkat dan martabatnya.

“Ketiga, melihat antara pekerja dan pengusaha bukan mempunyai kepentingan yang bertentangan, melainkan mempunyai kepentingan yang sama untuk memajukan perusahaan,” katanya.

 “Keempat, lanjut Putri,setiap perbedaan pendapat antara pekerja dan pengusaha harus disesuaikan dengan jalan musyawarah untuk mencapai mufakat yang dilakukan secara kekeluargaan.

Kelima, adanya keseimbangan antara hak dan kewajiban kedua belah pihak. Keseimbangan dicapai bukan didasarkan atas perimbangan kekuatan, melainkan atas dasar rasa keadilan dan kepatutan,” imbuhnya.

 

 

 


Berita Terkait :