KAI Aktifkan Kembali KA Sawahlunto - Muaro Kalaban

Anata Lu’luul Jannah | Jum'at, 24/06/2022 14:16 WIB
KAI Aktifkan Kembali KA Sawahlunto - Muaro Kalaban Kereta Api. (Foto: twitter @infosumbar)

RADARBANGSA.COM – PT Kereta Api Indonesia (KAI) berencana mengoperasikan kembali kereta api lintas Sawahlunto-Muoro Kalaban, Sumatera Barat.

Rencana ini diungkapkan oleh Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo. “Insya Allah paling lambat Januari 2023 kita bisa melakukan sesuatu di sini dalam rangka untuk pengoperasian KA lintas Sawahlunto-Muaro Kalaban,” kata Didiek dalam keterangannya, Jumat 24 Juni 2022.

Dalam rangka mengaktifkan kembali jalur Muaro Kalaban KAI bekerjasama dengan Empat perusahaan BUMN. Keempatnya adalah PT Kereta Api Indonesia (Persero), PT Bio Farma (Persero), PT Pupuk Indonesia (Persero), dan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG).

Didiek mengatakan bahwa keempat BUMN telah menandatangani Perjanjian tentang Kerja Sama Sponsorship.

“Melalui PKS ini, keempat BUMN akan mewujudkan pengoperasian kembali jalur kereta api lintas Sawahlunto-Muaro Kalaban di Sumatera Barat yang sudah tidak beroperasi. Jalur sepanjang 4 km tersebut nantinya akan melayani Kereta Wisata yang akan ditarik oleh Lokomotif Uap E1060 atau lebih dikenal dengan sebutan Mak Itam,” jelas Didiek.

Didiek memperkirakan pekerjaan pengoperasian akan memakan waktu 6 bulan.

“Jika kita mulai awal Juli, harapan kami berarti akhir Desember 2022 kita bisa wujudkan. Bahkan sekarang kami sudah inisiatif untuk pekerjaan Mak Itam, kita sudah ada progres 15%. Jadi harapan kami, pemulihan Mak Itam ini bisa lebih cepat,” tandas dia.


Berita Terkait :