Sepekan Bencana Gunung Semeru, 45 Orang Meninggal Dunia

Rahmad Novandri | Jum'at, 10/12/2021 22:52 WIB
Sepekan Bencana Gunung Semeru, 45 Orang Meninggal Dunia Erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. (Foto: twitter @tang_bin)

RADARBANGSA.COM - Bencana semburan awan panas Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang telah memasuki hari ketujuh. KOmandan Posko Tanggap Darurat Bencana Dampak Awan Panas dan Guguran Gunung Semeru, Danrem 083/Baladhika Jaya Kolonel Inf. Irwan Subekti melaporkan bahwa total 45 orang meninggal dunia hingga hari ini.

"Sampai hari ketujuh, untuk total korban meninggal sampai sekarang ada 45 orang. Jadi hari ini ada tambahan dua orang korban lagi dari Desa Renteng," kata Irwan dalam konferensi pers secara daring yang dipantau dari Jakarta, Jumat, 10 Desember 2021.

Disampaikannya, warga hilang yang terlapor hingga saat ini berjumlah sembilan orang. Kemudian, lanjutnya, terdapat 19 orang luka berat dan 19 orang lagi luka ringan.

Sementara dalam data Satuan Tugas Tanggap Darurat Bencana Dampak Awan Panas dan Guguran Gunung Semeru dilaporkan terdapat 6.573 pengungsi, dengan kerugian materil terdampak pada 2.970 unit rumah.

Sedangkan wilayah kecamatan paling terdampak ada dua yakni Kecamatan Pronojiwo dan Candipuro, Lumajang. "Titik pengungsian sebanyak 126 titik, dengan rincian 24 titik pengungsian terpusat dan 102 titik pengungsian yang menyebar atau mandiri," tuturnya.


Berita Terkait :