DPR RI Terus Komitmen Tuntaskan Prolegnas

Rahmad Novandri | Selasa, 31/08/2021 20:18 WIB
DPR RI Terus Komitmen Tuntaskan Prolegnas Gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta. (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - DPR RI telah memasuki usia ke-76 tahun. Hingga saat ini, DPR RI terus bekerja keras menghasilkan produk legislasi yang berkualitas untuk rakyat Indonesia.

Ketua DPR RI, Puan Maharani menegaskan pihaknya terus berusaha menghasilkan produk legislasi berkualitas meskipun di tengah pandemi COVID-19. Seluruh anggota DPR RI terus bekerja optimal meskipun adanya pembatasan-pembatasan rapat pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU).

“DPR RI dalam menjalankan politik legislasi juga memperhatikan asas dalam pembentukan undang-undang yang meliputi tujuan pembentukan, substansi yang tepat, dapat dilaksanakan, bermanfaat, dan keterbukaan, sehingga dapat menghasilkan produk legislasi yang berkualitas,” kata Puan saat membacakan pidato HUT ke-76 DPR RI pada Rapat Paripurna DPR RI di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Selasa, 31 Agustus 2021.

Adapun Rapat Paripurna pada hari ini membahas agenda Penyampaian Laporan Kinerja DPR RI Tahun Sidang 2020-2021. Dijelaskannya, Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Jangka Menengah Tahun 2020-2024, DPR bersama Pemerintah telah menyepakati target 246 RUU. Kemudian ada 33 RUU yang ditargetkan dalam Prolegnas Prioritas Tahun 2021.

“DPR RI memiliki komitmen yang tinggi dalam menuntaskan Prolegnas untuk memenuhi kebutuhan hukum nasional,” tegas Politisi PDI Perjuangan itu.

Pada kesempatan itu, Puan merinci DPR telah mengesahkan 9 RUU dalam Tahun Sidang 2020-2021. Saat ini, lanjutnya, ada 14 RUU yang sedang dalam Tahap Pembicaraan Tingkat I dan 17 RUU yang sedang dalam tahap penyusunan.

“Di tengah situasi Pandemi yang penuh ketidakpastian dan dinamika aspirasi masyarakat yang tinggi, DPR RI telah menyelesaikan pembahasan dan mengesahkan Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja yang merupakan Omnibus Law pertama di Indonesia, yang diharapkan menjadi pilar utama reformasi struktural di negara kita,” tandasnya.