Di Masa Pandemi, UMKM Butuh Dukungan untuk Segera Bangkit

Rahmad Novandri | Jum'at, 13/08/2021 17:50 WIB
Di Masa Pandemi, UMKM Butuh Dukungan untuk Segera Bangkit Pengusaha UMKM. (Foto: intitradacom)

RADARBANGSA.COM - Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) termasuk salah satu sektor yang terdampak pandemi COVID-19. Banyak pelaku usaha kecil menengah tak mampu melanjutkan usahanya karena terbatasnya aktivitas, terutama selama berlakunya kebijakan PPKM.

Untuk itu, Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel meminta pemerintah pusat maupun daerah agar memperhatikan dan membangkitkan UMKM di daerah masing-masing. Menurutnya, UMKM butuh dukungan untuk bangkit di masa pandemi COVID-19.

“Saat ini semua sektor merasakan, dan tentunya ini harus mendapatkan dukungan. Yang paling penting adalah UMKM. Bagaimana mengatasi, membantu pelaku UMKM yang kena dampak. Ini harus kita jaga. Di sinilah perlu program-program yang memudahkan mereka, atau mengatasi masalah mereka di masa pandemi ini,” ujarnya dilansir dari laman resmi DPR RI, Jumat, 13 Agustus 2021.

Dicontohkannya, UMKM yang banyak digandrungi masyarakat saat ini adalah kuliner. Karena itu, ia mendorong pemerintah aktif memberi dukungan kepada mereka agar dapat bertahan di kondisi saat ini.

“Pemerintah harus bisa memberikan pembinaan, bimbingan kepada para pelaku UMKM. Dari menjual makanan yang lebih sehat, lebih baik. Nah ini harus didorong, diberikan kepada masyarakat,” terangnya.

Selain itu, politisi partai Nasdem itu juga meminta pemerintah untuk memberikan insentif pada pelaku UMKM. "Yang penting ini UMKM level bawah harus ada insentif. Nah ini yang harus dipikirkan. Yang kecil pun harus diinsentifkan," tuturnya.

Gobel juga mengimbau pelaku UMKM dapat memanfaatkan kemajuan teknologi. “Kepada para pelaku usaha, tentunya masih bisa melakukan pengembangan, misalnya pakai sistem online. Saya banyak melihat karyawan toko-toko menawarkan produk atau dagangannya secara online, dengan data yang dimiliki toko tersebut,” pungkasnya.