Luqman Hakim Minta Nakes TNI, Polri dan Ormas Dikerahkan Tangani Covid

Ahmad Zubaidi | Minggu, 04/07/2021 12:28 WIB
Luqman Hakim Minta Nakes TNI, Polri dan Ormas Dikerahkan Tangani Covid Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) Luqman Hakim (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Luqman Hakim mengaku prihatin dengan terbatasnya sarana dan tenaga kesehayan di sejumlah Rumah Sakit di Indonesia.

Bahkan, Luqman mendapat informasi ada rumah sakit di Jakarta yang kehabisan tenaga untuk pemulasaraan jenazah. Di Yogjakarta juga ada rumah sakit yang kehabisan stok oksigen.

"Saya minta pemerintah segera meyakinkan masyarakat bahwa sarana-prasarana kesehatan yang diperlukan menangani Covid-19 dapat disediakan secara cukup," kata Luqman dalam keterangannya, Minggu, 4 Juli 2021.

Menurut Luqman, sarana seperti ruang rawat inap, tenaga kesehatan, oksigen, vitamin dan obat-obatan, kapasitas laboratorium dan lain-lainnya, harus disediakan dalam jumlah mencukupi.

"Saya sarankan agar dikerahkan tenaga kesehatan yang dimiliki TNI, Polri dan ormas-ormas untuk membantu penanganan Covid-19 di berbagai rumah sakit rujukan," harapnya.

Selain itu, Anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPR RI ini juga meminta pemerintah menyiapkan skema pemberian bantuan sosial yang cepat kepada masyarakat miskin dan rentan miskin akibat pemberlakuan PPKM Darurat ini.

"Semua itu bertujuan agar masyarakat tidak panik sehingga dapat menerima dan mematuhi PPKM Darurat yang berlaku 3-20 Juli 2021," tukasnya.