Kiai Nawawi Sidogiri Wafat, Gus AMI: Kita Kehilangan Ulama yang Sangat Mengayomi

Ahmad Zubaidi | Minggu, 13/06/2021 20:43 WIB
Kiai Nawawi Sidogiri Wafat, Gus AMI: Kita Kehilangan Ulama yang Sangat Mengayomi Gus AMI menyalami KH. Nawawi Abdul Djalil dalam sebuah kesempatan (foto Radarbangsa/AL)

RADARBANGSA.COM - Salah satu ulama panutan bangsa Indonesia, KH. A Nawawi Abdul Djalil, meninggal dunia pada Minggu, Juni 12 Juni 2021 pukul 14.40 WIB.

Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri, Pasuruan, Jawa Timur, ini mengembuskan napas terakhir di RS Lavalete Malang setelah mendapatkan perawatan selama 4 hari.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus AMI menyampaikan duka yang mendalam atas wafatnya Kiai Nawawi.

Di mata Gus AMI, Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu adalah adalah ulama pengayom dan sangat dihormati.

"Kita kehilangan ulama yang sangat mengayomi. Semoga Allah merahmatinya, amin," kata Gus AMI.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum DPP PKB, Jazilul Fawaid juga menyampaikan duka mendalam. Menurut Gus Jazil, Kiai Nawawi adalah seorang ulama yang sangat cinta kepada bangsanya.

"Kebangsaannya luar biasa dan itu terbukti sejak Sidogiri berdiri menjadi salah satu tempat perjuangan santri ketika awal-awal kemerdekaan dan hingga hari ini juga konsisten dengan pendidikan yang salaf, tetapi memiliki kekuatan luar biasa,” ujar Gus Jazil.


Berita Terkait :