Sekolah Tatap Muka Mulai Juli 2021, Nur Yasin Minta Vaksin untuk Guru Dipercepat

Ahmad Zubaidi | Kamis, 27/05/2021 18:53 WIB
Sekolah Tatap Muka Mulai Juli 2021, Nur Yasin Minta Vaksin untuk Guru Dipercepat Anggota Komisi IX DPR RI FPKB, Nur Yasin (foto istimewa)

RADARBANGSA.COM - Anggota Komisi IX DPR RI F-PKB Nur Yasin menyoroti rencana pembelajaran tatap muka yang dicanangkan pemerintah akan dimulai pada bulan Juli mendatang. Termasuk di Kabupaten Jember yang rencananya akan dimulai pada 5 Juli 2021 mendatang.

Dia mendorong agar pemerintah segera mempercepat vaksinasi untuk para dewan guru, tenaga pendidik, dan tenaga kependidikan. Masalahnya sampai saat ini belum semua tenaga pendidik (guru) dan tenaga kependidikan yang ada di Jember mendapatkan Vaksin, sehingga dikhawatirkan akan menjadi cluster baru penyebaran Covid-19.

“Pemerintah menyatakan bahwa tahun ajaran baru sudah dapat dimulai dengan pembelajaran tatap muka (PTM) secara terbatas pada Juli 2021 mendatang. kebijakan ini berdasarkan SKB Empat Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Silahkan melakukan PTM, namun dengan prokes yang ketat dan jangan sampai ada cluster baru,” kata Nur Yasin.

Oleh karena pembelajaran tatap muka sudah akan dimulai, maka Nur Yasin sebagai wakil rakyat dapil Jatim IV mendorong pemerintah agar mempercepat proses vaksinasi bagi para guru, tenaga pendidik, dan tenaga kependidikan utamanya bagi daerah yang akan melaksanakan pembelajaran tatap muka khususnya di Kabupaten Jember.

Sebagaimana diketahui, bahwa Menteri Kesehatan menargetkan peroses vaksinasi nasional untuk 181.5 juta sasaran vaksin akan selesai pada bulan Desember 2021.

Namun pada kenyataannya sampai tgl 25 Mei 2021, dari 181.5 juta sasaran vaksin, hanya ada 15,3 juta orang yang melakukan vaksinsai dosis pertama, dan 10,1 juta orang vaksinasi dosis kedua.

Jadi baru sekitar 25,4 juta dosis yang disuntikkan, angka ini sangat jauh dari target tahap kedua yang seharusnya sampai dengan juni 2021 adalah 40,3 juta dosis.