Jelang PON Papua, Menkes Budi Gunadi Pastikan Stok Vaksin Covid-19 Aman

M. Isa | Jum'at, 16/04/2021 19:53 WIB
Jelang PON Papua, Menkes Budi Gunadi Pastikan Stok Vaksin Covid-19 Aman Vaksin Covid (Doc: Klik Dokter)

RADARBANGSA.COM - Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin memastikan bahwa stok vaksin Covid-19 di Provinsi Papua aman menjelang perayaan Pekan Olahraga Nasional (PON) yang akan di helad 2-15 Oktober 2021 mendatang di tanah Papua.

“Saya juga udah dilaporkan butuhnya sekitar 200.000 untuk bulan oktober, itu sih pasti bisa dipenuhi harusnya sejak bulan Juni jumlah vaksinnya kita insya Allah akan cukup,” tegas Menkes Budi Gunadi Sadikin dalam keterangan persnya, Jumat 16 April 2021.

Menkes mengakui bahwasanya saat ini (bulan April) sedang terjadi keterbatasan supply vaksin, dikarenakan terjadinya embargo vaksin di negara India sebagai produsen vaksin Astrazeneca. Oleh karena itu saat ini stok vaksin yang saat ini ada didorong terlebih dahulu bagi vaksinasi Lansia sebagai kelompok yang berisiko tinggi saat terpapar COVID-19.

Terkait vaksin merah putih, Menkes Budi menyatakan bahwa dari enam kandidat yang ada, sebanyak dua kandidat dipersiapkan untuk dapat diproduksi pada tahun 2022.

“Kami sudah dapat alokasi anggarannya tahun ini rencananya kami akan dorong supaya penelitian dan uji klinisnya lebih cepat, sehingga di 2022 salah satu dari mereka sudah terlaksana”, kata Menkes


Berita Terkait :