Anggia Erma Rini Ajak Pemuda Sumbar Amalkan Nilai-nilai Pancasila

Rahmad Novandri | Minggu, 11/04/2021 20:05 WIB
Anggia Erma Rini Ajak Pemuda Sumbar Amalkan Nilai-nilai Pancasila Anggota MPR RI dari Fraksi PKB, Anggia Erma Rini menggelar Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Padang, Sumatera Barat, Minggu (11/4). (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Anggota MPR RI, Anggia Erma Rini mengajak masyarakat Sumatera Barat (Sumbar) untuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila dan juga merawat kebhinekaan serta melestarikannya, khususnya untuk pemuda-pemudi generasi bangsa.

Hal ini disampaikan Anggia saat menggelar agenda sosialisasi emapt pilar kebangsaan, di Hotel Pangeran Beach, Padang, Minggu, 11 April 2021. Ia juga menyampaikan pentingnya semangat gotong royong dalam rangka mengawal kebijakan-kebijakan pemerintah dalam rangka mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dan UUD 1945.

“Dalam mengamalkan nilai-nilai Pancasila, hendaknya didasari dengan semangat gotong royong, yang merupakan ciri khas karakteristik masyarakat Indonesia. Untuk itu, gotong royong harus tetap dijaga dan dilestarikan," kata Anggia.

Selain itu Ketua DPW PKB Sumbar ini juga berpesan kepada anak muda memiliki spirit yang kuat, dalam menyerap hal-hal baik. Termasuk tentang empat pilar kebangsaan yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

"Itulah kenapa, saya selalu undang anak-anak muda di sosialisasi empat pilar ini, agar mereka paham betul fungsi dari empat pilar tersebut dalam menjaga keutuhan bangsa," ujar Wakil Ketua Komisi IV DPR RI itu.

Dikatakannya pula, anak muda yang memahami Pancasila dan UUD 1945 dengan baik, tidak akan mudah terpengaruh hal-hal yang bertentangan dengan ideologi Pancasila. Juga tidak mudah terpapar paham radikalisme, ataupun ikut-ikutan pada tindakan radikal.

"Jika memahami Pancasila dan UUD 1945 dengan baik, anak muda akan lebih mencintai NKRI sebagai bentuk negara dan menjalankan falsafah Bhinneka Tunggal Ika dengan baik pula, sehingga kehidupan masyarakat lebih tenteram dan damai," katanya.

Salah satunya, lanjut Anggia, dengan membumikan empat pilar kebangsaan. Sebab, ini yang akan membentengi Indonesia dari aksi kelompok-kelompok yang ingin menggantikan ideologi Pancasila.

Lebih lanjut dikatakannya, dengan adanya kemajuan teknologi dan informasi, Politisi PKB ini berharap generasi muda bisa memanfaatkan teknologi yang ada.

"Seharusnya dengan perkembangan teknologi, para pemuda bisa lebih mudah untuk mengembangkan potensi dalam negeri untuk go international. Bukan malah membuat berita hoax sehingga memecah belah bangsa," ucapnya

Selain itu, Anggia berharap dengan mudahnya teknologi dan informasi, jangan mudah terpancing isu-isu hoax dan hasutan ujaran kebencian di medsos.

Sebab lanjutnya, saat ini masyarakat memilih media sosial dalam mencari sumber informasi. Padahal tak sedikit informasi yang disampaikan di medsos itu hoax.

"Untuk itu masyarakat harus jeli dan paham mana berita hoax dan relity. Kalau ada media dan berita hoax segera ramai-ramai laporkan dengan bukti yang valid," katanya.


Berita Terkait :