Peduli Gempa Malang, Sahabat Cak Udin Dirikan Posko dan Dapur Umum

Rahmad Novandri | Minggu, 11/04/2021 19:42 WIB
Peduli Gempa Malang, Sahabat Cak Udin Dirikan Posko dan Dapur Umum Sahabat Cak Udin Aksi Solidaritas membantu para korban gempa di Kabupaten Malang dengan memberikan bantuan, mendirikan dapur umum hingga tenda darurat. (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Musibah gempa yang mengguncang Kabupaten Malang dan sekitarnya pada Sabtu, 10 April 2021 kemarin menimbulkan korban jiwa dan sejumlah kerusakan di beberapa titik. Gempa yang terjadi di Selatan Malang berkekuatan 6,1 SR.

Sebagaimana dilansir dari data BPBD Jawa Timur, setidaknya 1.189 pemukiman warga mengalami kerusakan. Sebanyak 85 rumah mengalami rusak berat, 250 rumah rusak sedang dan 854 rumah rusak ringan.

Untuk itu, dalam rangka meringankan beban para korban bencana di Malang, Anggota DPR RI dari Fraksi PKB, M Hasanuddin Wahid atau Cak Udin langsung mengirimkan bantuan kepada para korban gempa. Melalui Sahabat Cak Udin, aksi solidaritas dilakukan di sejumlah titik lokasi gempa di Malang.

"Hari ini Sahabat Cak Udin melakukan aksi solidaritas tanggap bencana, untuk korban gempa di Kab. Malang. Diantaranya dengan membagikan sembako, mendirikan dapur umum dan tenda darurat, serta membantu warga membersihkan puing reruntuhan gempa," tulis Cak Udin dalam akun Instagramnya, @emhasanuddin sebagaimana dikutip pada Minggu, 11 April 2021.

Selain itu, Sekjen DPP PKB itu juga mengajak seluruh pihak untuk turun tangan membantu korban bencana. Dapur umum ini, lanjutnya, juga akan terus didirikan di sejumlah desa lainnya di Malang Raya yang terdampak gempa.

"Ayo turun tangan, kita berkolaborasi dan bahu membahu membantu korban gempa... #SalamSatuJiwa #MalangBangkit #CakUdin."