Presiden Jokowi Resmi Buka Mukernas PKB dan Munas Alim Ulama

Rahmad Novandri | Kamis, 08/04/2021 13:22 WIB
Presiden Jokowi Resmi Buka Mukernas PKB dan Munas Alim Ulama Joko Widodo (Presiden RI). (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka Musyawarah Kerja Nasional Partai Kebangkitan Bangsa (Mukernas PKB) dan Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama, Kamis, 8 April 2021, di Istana Negara, Jakarta. Pada kesempatan itu, Jokowi menyampaikan terima kasih kepada para kiai dan ulama yang mendukung upaya pemerintah mengatasi pandemi COVID-19.

"Saya menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada para Kiai dan Alim Ulama atas tausiyah dan dukungannya terhadap upaya pemerintah dalam mengatasi pandemi COVID-19," kata Jokowi dalam pidato pembukaan Mukernas PKB dan Munas Alim Ulama di Istana Negara, Jakarta.

Presiden mengatakan, PKB sebagai partai yang ahlusunnah waljamaah diyakini tidak berhenti menyemai nilai-nilai moderasi. Serta, menjunjung tinggi toleransi dan kerukunan antarsesama.

"Sebagai partai yang ahlusunnah waljamaah, saya meyakini PKB tidak kendor menyemai nilai-nilai moderasi, nilai-nilai tawasut, nilai-nilai keseimbangan dan terus menjunjung tinggi toleransi dan kerukunan antar sesama," ujarnya.

Jokowi menuturkan, NU dan PKB konsisten mengikuti dawuh KH Hasyim Asy`ari di mana agama dan nasionalisme tidaklah bertentangan. Namun, lanjutnya, justru saling menopang satu sama lain.

"Saya percaya, PKB hari ini dan seterusnya akan terus mewarisi semangat Hadratussyekh KH Hasyim Asy`ari. Terus memperkuat fondasi keagamaan dan kebangsaan untuk mewujudkan baldatun tayyibatun warabbun ghofur,"

Selain itu, Kepala Negara juga berharap PKB terus berinovasi dan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan kemajuan teknologi untuk kesejahteraan rakyat. "Saya berharap kader PKB terus mendorong inovasi, memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam mengembangkan tata kelola politik dan pemerintahan yang baik dan akuntabel dalam mempercepat peningkatan kesejahteraan rakyat dan kesejahteraan masyarakat,"

Sebelum menutup pidatonya, Jokowi secara resmi membuka Mukernas PKB dan Munas Alim Ulama. "Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, Mukernas PKB dan Munas Alim Ulama siang hari ini saya buka," tutup Jokowi.

Pembukaan Mukernas PKB di Istana Negara dihadiri langsung oleh Ketua Umum DPP PKB, Abdul Muhaimin Iskandar dan para pimpinan PKB serta turut dihadiri para Kiai dan Ulama. Turut mendampingi Presiden Jokowi yakni Menkopolhukam Mahfud MD dan Menteri Sekretaris Negara, Pratikno.