Gus Menteri Sebut Program BERSINAR Sesuai dengan SDGs Desa

M. Isa | Selasa, 23/03/2021 22:45 WIB
Gus Menteri Sebut Program BERSINAR Sesuai dengan SDGs Desa Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: kemendesagoid)

RADARBANGSA.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar mengatakan, program Desa Bersih Narkoba (Bersinar) yang digagas Badan Narkotika Nasional (BNN) sesuai dengan SDGs Desa goals ketiga, yaitu Desa Sehat dan Sejahtera.

“Termasuk Desa bersinar ini, itu basisnya adalah SDGs Desa goals ketiga, yaitu Desa sehat dan sejahtera,” ujar Gus Menteri, sapaan akrabnya, saat berada di Pendopo Kabupaten Cianjur sebelum melakukan peninjauan pilot project Desa Bersinar di Desa Cipendawa, Selasa 23 Maret 2021.
 
Menurut Gus Menteri, program tersebut ada payung hukumnya, “Semuanya ada payung hukumnya, mau bersinar, mau kegiatan Desa digital, Desa inklusi, desa apa saja itu kalau sudah merujuk pada SDGs Desa, seluruhnya itu ada referensinya,” tuturnya.
 
Selain itu, Gus Menteri juga menyampaikan bahwa kunci agar dana desa bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhan warga masyarakat adalah perencanaan pembangunan di desa harus berbasis masalah, bukan berbasis keinginan.
 
“Selagi kita tidak punya data tentang desa, jangan berharap perencanaan pembangunan di tingkat desa  bisa berbasis pada kebutuhan dan permasalahan,” jelasnya.
 

Berita Terkait :