Tiga Fokus Anggaran Dana Desa Tahun 2021

M. Isa | Rabu, 17/03/2021 20:24 WIB
Tiga Fokus Anggaran Dana Desa Tahun 2021 Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Budi Arie Setiadi (foto: kemendesagoid)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) memprogramkan SDGs Desa yang berisi 18 poin yang merupakan pengejawantahan SDGs Nasional.

"Target- target kita ada desa tanpa kemiskinan, kelaparan, keterlibatan perempuan, air bersih dan sanitasi, pertumbuhan ekonomi desa yang merata," kata Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes), Budi Arie Setiadi dilansir kemendesagoid, Rabu 17 Maret 2021.

Tiga fokus anggaran dana desa tahun 2021, jelas Wamendes, pertama pemulihan ekonomi nasional sesuai kewenangan desa, yang terdiri dari pembentukan, pengembangan dan revitalisasi BUMDes/BUMDesma, penyediaan listrik desa, dan ketiga pengembangan usaha ekonomi produktif, utamanya yang dikelola BUMDes/ BUMDesma.

"Kedua, program prioritas nasional sesuai kewenangan Desa yang meliputi pendataan Desa, pemetaan potensi dan sumber daya, dan pengembangan teknologi informasi dan komunikasi, pengembangan Desa wisata, penguatan ketahanan pangan dan pencegahan stunting di desa, dan desa inklusif. Ketiga, prioritas dana desa tahun 2021, adaptasi kebiasaan baru yaitu Desa Aman Covid-19," jelasnya. 

Wamendes mengatakan, dengan disahkannya UU Cipta Kerja Nomor 11 Tahun 2020 maka BUMDes menjadi badan hukum. BUMDes menjadi investasi penting bagi desa untuk dapat terus menerus meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes).

"Fungsi BUMDes adalah konsolidasi dan pemasaran produk desa," kata Wamendes.


Berita Terkait :