Gus AMI Minta Pemerintah Carikan Solusi Atasi Limbah Medis

Rahmad Novandri | Jum'at, 26/02/2021 20:20 WIB
Gus AMI Minta Pemerintah Carikan Solusi Atasi Limbah Medis Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus AMI (Ketua Umum DPP PKB/Wakil Ketua DPR RI). (Foto: AL/radarbangsacom)

RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus AMI meminta pemerintah untuk menemukan teknologi mengatasi limbah medis. Menurutnya, sejak pandemi COVID-19 melanda Indonesia dan sejumlah negara di dunia, limbah medis semakin meningkat jumlahnya.

Hal itu disampaikannya usai menghadiri Istighotsah bersama sejumlah pengasuh Pondok Pesantren dan Kiai Khos se-Provinsi Banten di Pondok At-Thohiriah, Kramat Watu, Kabupaten Serang, Banten, Jumat, 26 Februari 2021. Ketua Umum DPP PKB itu menilai, limbah medis menjadi persoalan baru di Tanah Air.

"Memang limbah medis ini problem baru, karena penggunaannya begitu masif dan jumlahnya sangat besar. Harus ada satu teknologi yang dibuat khusus penanganan ini," kata Gus AMI.

Untuk mengatasi persoalan tersebut, Gus AMI meminta pemerintah khususunya Kementerian Kesehatan (Kemenkes) agar segera menemukan alat untuk mengatasi limbah medis tersebut. "Saya berharap melalui kementerian kesehatan dan lainnya agar segera dibeli alatnya sehingga penanganan limbah masker ini supaya cepat teratasi," ujarnya.