Gus Menteri Minta Pembangunan Desa Berbasis Kebutuhan Bukan Keinginan

M. Isa | Sabtu, 20/02/2021 20:09 WIB
Gus Menteri Minta Pembangunan Desa Berbasis Kebutuhan Bukan Keinginan Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar (foto: kemendes)

RADARBANGSA.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar menyebut, pembangunan desa harus berdasarkan kebutuhan bukan karena keinginan. Menurut Gus Menteri sapaan akrabnya, fakta saat ini masih banyak program pembangunan, baik ditingkat desa maupun pemerintah daerah yang masih berbasis keinginan sekelompok orang.

"Ini satu masalah sendiri yang harus kita rombak untuk percepatan pembangunan di semua bidang," kata Gus Menteri saat menjadi narasumber Webinar bertajuk Desaku yang Kucinta Memanggil, yang dihelat Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya, Jumat 19 Februari 2021.
 
Berangkat dari persoalan tersebut, Gus Menteri  merumuskan sistem pembangunan berkelanjutan yang disebut dengan SDGs Desa dengan tujuan dana desa tidak lagi asal digunakan tanpa memperhatikan kebutuhan warga desa.
 
"Melalui SDGs Desa, Kepala Desa cukup memilih salah satu dari 18 poin SDGs Desa yang akan dijadikan prioritas pembangunan selama kepemimpinannya, berdasarkan kebutuhan warga desa," katanya dikutip laman kemendesa.
 
Gus Menteri menuturkan, saat ini sedang berlangsung pemutaakhiran data berbasis SDGs Desa yang dilakukan Kepala Desa dibantu para Pendamping Desa. Harapannya semua program dapat mengacu pada data yang berbasis RT dan RW tersebut. 
 
"Karena perencanaan yang bener itu harus mengacu pada data yang valid," tutup Gus Menteri.
 

Berita Terkait :