Sekjen Kemenag: Kearifan Lokal Ikut Jaga Kerukunan Umat Beragama

M. Isa | Senin, 08/02/2021 19:55 WIB
Sekjen Kemenag: Kearifan Lokal Ikut Jaga Kerukunan Umat Beragama Sekhen Kemenag Nizar Ali (Foto: fadel prayoga)

RADARBANGSA.COM - Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nizar Ali menyampaikan bahwa kearifan lokal, tradisi, dan adat istiadat sangat efektif mendukung upaya menjaga kerukunan antarumat beragama.

"Nilai-nilai yang terkandung dalam kearifan lokal, seperti kejernihan hati, penghormatan terhadap sesama, mawas diri, mengorbankan ego pribadi untuk kepentingan bersama, serta keterbukaan terhadap dialog dan musyawarah, merupakan nilai-nilai mendasar yang bisa menguatkan tali persaudaraan antar sesama manusia," tambah Nizar Ali, saat membacakan sambutan Menag Yaqut Cholil Qoumas pada acara sidang ke-38 Sinode, Gereja Protestan Maluku (GPM), Minggu 7 Februari 2021 kemarin.

Disampaikan Nizar, jika terus dirawat, nilai-nilai tersebut akan menjadi akar yang kuat untuk membangun kehidupan bersama yang aman, harmonis, dan damai.

Bagi Nizar, hal ini sejalan dengan nilai-nilai Kristiani yang penuh kasih sebagaimana dikutip dalam kitab injil yang berbunyi “hendaklah kamu sehati sepikir, dalam satu kasih, satu jiwa, satu tujuan, dengan tidak mencari kepentingan sendiri atau puji-pujian yang sia-sia. Sebaliknya hendaklah dengan rendah hati yang seorang menganggap yang lain lebih utama dari pada dirinya sendiri; dan janganlah tiap-tiap orang hanya memperhatikan kepentingannya sendiri, tetapi kepentingan orang lain juga.” (Filipi 2:2-4).

"Umat kristen di Indonesia memiliki tanggungjawab untuk menumbuhkan, memelihara dan melestarikan keharmonisan hubungan sesama anak bangsa, sekalipun dalam keberagaman suku, budaya, agama dan lain-lain," kata Nizar.

TAG : Kemenag