Kemenag Serahkan Sertifikat Halal Vaksin Sinovac ke PT Bio Farma

M. Isa | Rabu, 13/01/2021 22:01 WIB
Kemenag Serahkan Sertifikat Halal Vaksin Sinovac ke PT Bio Farma

RADARBANGSA.COM - Kementerian Agama (Kemenag) menyerahkan sertifikat halal vaksin Sinovac untuk Covid-19 kepada PT Bio Farma (Persero).

Mewakili Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, sertifikat halal yang diterbitkan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kemenag pada 12 Januari 2021 itu diserahkan oleh Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa`adi  kepada Direktur Utama PT Bio Farma Honesti Basyir.

Menurut Wamenag, proses sertikasi halal vaksin Sinovac telah dilakukan sesuai regulasi yang diatur dalam UU No 33 tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) sudah menerbitkan Surat Ketetapan Halal vaksin Sinovac. Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) juga telah merilis Emergency Use Authorization (EUA) atau izin penggunaan darurat atas vaksin tersebut.

"Karena telah melalui tahapan sertifikasi halal dan didukung proses uji klinis yang dilakukan BPOM, kita tidak perlu ragu bahwa vaksin Sinovac ini halal, suci, sekaligus thayyib atau aman digunakan," jelas WamenagZainut Tauhid Sa`adi dalam keterangan persnya di Jakarta, Rabu 13 Januari 2021.

Diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi orang pertama yang menerima suntikan dosis vaksin COVID-19 perdana di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu 13 Januari 2021.

“Syukur alhamdulillah pagi tadi sudah terlaksana dan vaksinasi berjalan baik,” ujar Presiden Jokowi.


Berita Terkait :