Mendag Dorong UMKM Pasarkan Produk Secara Hybrid

M. Isa | Rabu, 25/11/2020 23:15 WIB
Mendag Dorong UMKM Pasarkan Produk Secara Hybrid Menteri Perdagangan Agus Suparmanto (foto: Humas Kemendag)

RADARBANGSA.COM - Menteri Perdagangan (Mendag), Agus Suparmanto mengharapkan, di masa pandemi ini para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) mulai memasarkan produknya secara hybrid, yaitu secara daring dan juga luring. Dengan begitu, kontribusi UMKM terhadap perekonomian nasional akan tetap terjaga.

Hal tersebut disampaikan Mendag dalam pembukaan Bazar Produk Eksotik Nasional 2020 yang diselenggarakan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) di Lippo Mall Kemang Village, Jakarta, Rabu 25 November 2020.

“Di masa pandemi ini banyak terjadi pergeseran adaptasi kebiasaan baru. Termasuk pergeseran pola konsumsi masyarakat yang banyak beralih ke belanja daring. Dengan segala perubahan yang terjadi, UMKM diharapkan mampu menggeser tren penjualannya secara hybrid agar dapat menjaga kontribusinya terhadap total produk domestik bruto (PDB) sebesar 60 persen,  total ekspor nasional sebesar 14 persen, dan penyerapan 96 persen tenaga kerja dari 133 angkatan kerja,” jelas Mendag Agus Suparmanto.

Pemerintah, lanjut Mendag, selalu mendukung sektor UMKM dengan berbagai kebijakan serta kegiatan. Sejak 14 Mei 2020, Presiden RI Joko Widodo telah meluncurkan Program Bangga Buatan Indonesia dimana Kementerian Perdagangan turut berpartisipasi dalam program tersebut.

Berbagai kegiatan telah dilaksanakan Kementerian Perdagangan untuk mempromosikan produk- produk UMKM secara daring melalui Virtual Expo Pernak-Pernik Unik dan juga secara luring melalui pameran (in store promotion) yang dilaksanakan di beberapa pusat perbelanjaan.

TAG : UMKM , Digital

Berita Terkait :