Menaker Ida: LSP Ujung Tombak Tingkatkan Kompetensi Tenaga Kerja

Rahmad Novandri | Selasa, 17/11/2020 12:32 WIB
Menaker Ida: LSP Ujung Tombak Tingkatkan Kompetensi Tenaga Kerja Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menghadiri Rakor LSP di Hotel Bidakara Jakarta (foto: radarbangsa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) menghadiri sekaligus membuka Rapat Koordinasi Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa 17 November 2020.

Dalam kesempatan itu, Menaker Ida Fauziyah mengungkapkan, kondisi sertifikasi yang sudah berjalan di Indonesia saat ini masih menjadi tantangan. Pemerintah akan terus melakukan pengembangan sistem sertifikasi untuk meningkatkan kompetensi tenagakerja.

“Kita harus melakukan perbaikan, harmonisasi, pengembangan sistem sertifikasi dan kemampuan kompetensi sebagai target kinerja ke depan,” kata Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah.

Menurut Menaker Ida, Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) merupakan ujung tombak dalam menjalankan sertifikasi kompetensi. Untuk itu integritas yang tinggi sebagai lembaga sertifikasi berlisensi harus dijaga.

"Saya ingatkan, jangan main-main dengan proses sertifikasi. Karena hal ini akan menentukan daya saing tenaga kerja Indonesia di pasar global. Kita tidak mengejar kuantitas saja, tapi kita mengejar kualitas dari sertifikasi kompetensi yang kita berikan,” tegasnya.

Menaker Ida juga mengajak seluruh LSP di Indonesia untuk bersama-sama meningkatkan kompetensi tenaga kerja di Indonesia, "Mari kita bersama berkolaborasi bagaimana sertifikasi sebagai jaminan mutu tenaga kerja kompeten,” katanya.

Diketahui, hadir dalam rakor LSP tersebut, Ketua BNSP Kunjung Masehat, Wakil Ketua BNSP Miftakul Azis, Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kemnaker, Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan (Kemnaker), Dita Indahsari  dan ratusan LSP baik yang hadir secara offline maupun virtual.