Presiden Apresiasi Kerja Aktivis Rawat Kerukunan dan Toleransi

M. Isa | Selasa, 03/11/2020 18:46 WIB
Presiden Apresiasi Kerja Aktivis Rawat Kerukunan dan Toleransi Joko Widodo (Presiden RI). (Foto: twitter @KemensetnegRI)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi kerja penggerak dan aktivis kerukunan dalam merawat kerukunan dan toleransi di masyarakat, terutama di akar rumput. Atas kerja semua pihak, kata Presiden, Indonesia bisa menikmati kehidupan berbangsa yang kondusif dan harmonis.

Pesan ini disampaikan Presiden saat membuka sekaligus memberikan arahan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) melalui virtual, Selasa 3 November 2020.

“Pemerintah menyampaikan apresiasi atas kerja penggerak dan aktivis kerukuanan umat beragama dalam merawat kerukunan dan toleransi di masyarakat, terutama di akar rumput. Atas kerja sama Bapak dan Ibu, kita bisa menikmati kehidupan berbangsa yang kondusif dan harmonis,” terang Presiden.

Menurut Presiden, kerukunan tidak muncul tiba-tiba. Kerukunan adalah hasil kesadaran bersama bahwa perpecahan dan egoisme golongan akan membawa kehancuran. Kerukunan hasil ikhtiar bersama untuk hidup saling menghormati, tidak saling curiga, sehingga tidak berkembang benih permusuhan yang bisa menghancurkan persatuan.

Karena itu, Presiden berharap keberagamaan yang merupakan anugerah Tuhan kepada bangsa Indonesia dapat terus dijaga dan dirawat sehingga menjadi kekuatan bangsa. “Kita patut bersyukur karena di tengah dinamika sosial, kita bisa tetap hidup rukun dalam kemajemukan, saling mangayomi, dan melindungi sebagai saudara sebangsa dan setanah air,” tuturnya.


Berita Terkait :