Luhut Ingatkan Perusahaan Farmasi Tak Mainkan Harga Jual Obat Covid-19

Ahmad Zubaidi | Selasa, 06/10/2020 06:04 WIB
Luhut Ingatkan Perusahaan Farmasi Tak Mainkan Harga Jual Obat Covid-19 Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan (foto: setkabgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) Luhut Binsar Pandjaitan memperingatkan produsen obat COVID-19 dalam negeri tidak mainkan harga jual di pasaran.

Menurut dia, perusahaan seperti Kalbe Farma, Bio Farma, Indo Farma dan perusahaan farmasi lainnya jangan buat harga yang terlalu tinggi.

"Sesuai kewajaran saja karena ini masalah kemanusiaan dan tolong perhatikan kondisi ekonomi masyarakat yang sedang sulit saat ini,” ujar Luhut kepada wartawan dalam diskusi virtual di Jakarta, Senin, 5 Oktober 2020.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) ini menyatakan, Pemerintah telah memiliki kumpulan data mengenai harga obat berbasis Free on Board (harga barang di tempat asal) dari negara-negara eksportir seperti India, Tiongkok dan Jerman.

"Database ini akan digunakan untuk mengevaluasi kewajaran harga obat-obatan COVID-19 yang ada di pasar, dan saya minta pak Terawan (Menkes) untuk mengawasi secara ketat hal ini,” katanya.

Dia melanjutkan kebijakan ini sangat perlu dilakukan khususnya untuk obat-obat yang bahan bakunya masih diimpor dari luar negeri atau obat yang masih belum mampu diproduksi dalam negeri.

“Saya titip agar pak Terawan dan Prof. Kadir (Plt. Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan) cek lagi harga di pasaran dan obat mana yang bisa segera diproduksi dalam negeri,” bebernya.


Berita Terkait :