Kemendag Cari Terobosan Baru Gairahkan Ekspor Makanan Olahan

M. Isa | Kamis, 18/06/2020 15:55 WIB
Kemendag Cari Terobosan Baru Gairahkan Ekspor Makanan Olahan Menteri Perdagangan Agus Suparmanto (foto: Humas Kemendag)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menegaskan, pemerintah terus mencari terobosan baru untuk memacu gairah ekspor makanan olahan di tengah pandemi Covid-19.

Menurut Menteri Agus Supamanto, produk-produk Indonesia dinilai masih memiliki peluang peningkatan ekspor dan memasuki pasar baru di negara lain yang belum bisa memenuhi kebutuhannya sendiri.

"Makanan olahan masih berpeluang besar di pasar global. Kami akan terus mencari terobosan baru untuk meningkatkan ekspor makanan olahan dan diharapkan dapat mendorong kinerja ekspor nonmigas,” ujar Mendag Agus dalam keterangan persnya, Rabu 17 Juni 2020.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kasan, secara aktif melakukan pendekatan kepada para pelaku usaha untuk memanfaatkan peluang ekspor produk pangan olahan dengan maksimal. Salah satunya melalui pertemuan virtual dengan PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk dari kantor Kementerian Perdagangan.

Kemendag akan terus melakukan promosi ekspor dan penjajakan kesepakatan dagang (business matching) secara virtual melalui perwakilan perdagangan. Selain itu, juga dengan menyelenggarakan pelatihan ekspor secara virtual dan peningkatan pelayanan informasi ekspor.

Kami berharap pelaku usaha tetap optimis terus menggenjot ekspor makanan olahan Indonesia,jelas Kasan.


Berita Terkait :