Ratna Juwita Apresiasi Peluncuran Produk Riset, Teknologi, dan Inovasi Penanganan COVID-19

Rahmad Novandri | Kamis, 21/05/2020 00:39 WIB
Ratna Juwita Apresiasi Peluncuran Produk Riset, Teknologi, dan Inovasi Penanganan COVID-19 Ratna Juwita Sari (Anggota Komisi VII DPR RI Fraksi PKB). (Foto: istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Anggota Komisi VII DPR RI Ratna Juwita Sari mengapresiasi peluncuran produk riset, teknologi dan inovasi percepatan penanganan COVID-19 oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang digelar Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional pada Rabu, 20 Mei 2020 yang bertepatan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional. Ia merasa bangga karena rekomendasi yang dihasilkan dalam rapat kerja (Raker) Komisi VII ditindaklanjuti oleh pemerintah dengan memfasilitasi karya para ilmuwan dalam negeri untuk menangani pandemi COVID-19 ini.

"Tentu kami merasa turut bangga dan sangat berbahagia karena pada akhirnya negara bisa memfasilitasi Ilmuwan kita yang sangat berprestasi. Hal ini menjadi jawaban atas harapan kami pada saat Raker Komisi VII bersama Kemenristek/BRIN dan LPNK pada 14 April 2020 dan Raker gabungan pada 5 Mei 2020," ujar Ratna dalam keterangan tertulis, Rabu, 20 Mei 2020.

Legislator Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini berharap, dengan diluncurkannya 55 produk riset ini, ke depan agar segera diproduksi secara massal. Menurutnya, produksi massal adalah solusi untuk menjawab permasalahan maupun keterbatasan alat kesehatan dalam negeri serta dapat mengurangi impor produk kesehatan.

"Semoga ke depan permasalahan alkes sudah tidak terjadi lagi, karena kita sudah bisa memproduksi sendiri. Tersedianya alkes yang memadai akan membuat tenaga medis bisa menjalankan tugas dengan lebih maksimal. Semoga pandemi ini segera berlalu," pungkasnya.