KBRI Dhaka Fasilitasi Pemulangan 196 WNI dari Bangladesh

M. Isa | Rabu, 13/05/2020 03:01 WIB
KBRI Dhaka Fasilitasi Pemulangan 196 WNI dari Bangladesh KBRI Dhaka memfasilitasi pemulangan WNI dari Bangladesh ke tanah air (foto: kemlu)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - KBRI Dhaka berhasil memfasilitasi pemulangan 196 WNI yang tertunda kepulangannya dari Bangladesh, dengan menggunakan penerbangan khusus Lion Air 11 Mei 2018 kemarin.

Untuk diketahui, akibat pandemi COVID-19, pemerintah Bangladesh menetapkan kebijakan penguncian dan penundaan penerbangan pada Maret 2020 lalu.

“Alhamdulillah setelah melalui proses yang panjang, akhirnya WNI yang tertunda kepulangannya dari Bangladesh karena kebijakan penundaan penerbangan oleh Pemerintah setempat dapat kembali ke tanah air dan segera bertemu kembali dengan keluarga di kampung halaman," jelas Duta Besar Indonesia untuk Bangladesh merangkap Nepal, Rina Soemarno dalam keterangan pers Kemlugoid, Selasa 12 Mei 2020.

Cindy, seorang mahasiswa Indonesia di BRAC University yang mengikuti program repatriasi mandiri ini, mengaku senang bisa kembali lagi ke Indonesia.

“Saya merasa sangat lega dan bersyukur dengan adanya proses repatriasi yang difasilitasi KBRI Dhaka, sehingga akhirnya saya akan dapat segera berkumpul kembali dan merayakan Idul Fitri bersama keluarga di Indonesia," ungkapnya.

KBRI Dhaka melakukan koordinasi intensif dengan berbagai pihak di Indonesia dan Bangladesh, termasuk untuk memperoleh izin penerbangan pesawat ke Bangladesh.

Para WNI yang pulang mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan oleh Pemerintah RI dan Pemerintah Bangladesh, melalui penyediaan Alat Pelindung Diri (APD), masker, dan sarung tangan untuk digunakan selama penerbangan.

TAG : KBRI Dhaka , WNI

Berita Terkait :