Nekad Mudik, Polisi Paksa Ratusan Mobil Putar Balik di Merak

Ahmad Zubaidi | Jum'at, 01/05/2020 07:01 WIB
Nekad Mudik, Polisi Paksa Ratusan Mobil Putar Balik di Merak Pelabuhan Merak, Banten (foto radarbangsa)

CILEGON, RADARBANGSA.COM - Berbagai wilayah melakukan penyekatan untuk menekan peneyabaran pandemi virus Corona atau Covid-19 dengan menghalau para pengendara yang mencoba mudik. Tak hanya Pulau Jawa, ternyata banyak pengendara yang mencoba mudik ke Sumatera.

Saat dilakukan pengecekan pelaksanaan Operasi Ketupat Kalimaya 2020 di check point GT Merak, tercatat ratusan kendaraan menuju Pelabuhan Merak selama tiga hari sejak diterapkan 24 April 2020 yang lalu. Namun, mereka berhasil dihalau dan diperintahkan untuk putar balik oleh petugas di pos penjagaan.

"Kurang lebih 555 kendaraan yang menuju Pelabuhan Merak sudah kita putar balikan selama tiga hari Operasi Ketupat Kalimaya 2020," ungkap Kapolda Banten, Irjen Pol. Drs. Agung Sabar Santoso, S.H., M.H.

Agung menjelaskan keadaan Pelabuhan Merak saat ini sudah sepi dari kendaraan pribadi termasuk roda dua. Hal ini menjadi fenomena positif, karena menurutnya edukasi kepada masyarakat terkait anjuran untuk tidak mudik diterapkan dengan baik.

"Aktivitas pelabuhan nampak sepi dari kendaraan pribadi hanya barang sama logistik. Ini tandanya kesadaran masyarakat untuk tidak mudik sudah bagus," tambahnya.

Terkait larangan mudik, sebenarnya tidak ada penutupan akses baik jalan tol maupun arteri. Namun, hanya beberapa kendaraan yang diizinkan melintas seperti logistik, medis, dan ekspedisi. Operasi Ketupat sudah dilaksanakan sejak Jumat, 24 April lalu dan akan berakhir H+7 Lebaran atau 31 Mei 2020.


Berita Terkait :