Cuci Tangan Selama 20 Detik Cegah Penularan Virus Corona

M. Isa | Senin, 30/03/2020 20:06 WIB
Cuci Tangan Selama 20 Detik Cegah Penularan Virus Corona Spesialis Paru Rumah Sakit Persahabatan, dr. Erlina Burhan (foto: covid19goid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Spesialis paru Rumah Sakit Persahabatan, dr. Erlina Burhan menekankan perlunya mencuci tangan secara bersih dan benar selama 20 detik untuk membunuh seluruh mikroorganisme yang menempel, termasuk kemungkinan kontaminasi virus SARS-CoV-2, penyebab penyakit COVID-19.

“Bahwa mencuci tangan harus bersih dan benar caranya dan ini durasinya sekitar 20 detik,” kata Erlina Burhan di Graha BNPB, Jakarta, Senin 30 Maret 2020.

Erlina mengatakan saat mencuci tangan dengan sabun, beberapa bagian yang perlu dicuci dengan bersih adalah semua permukaan tangan, mulai dari permukaan dalam, sela-sela jari, pinggir-pinggir jari hingga ke ujung kuku.

“Jadi harus semua permukaan tangan,” jelasnya.

Selain itu, masyarakat juga dianjurkan untuk mencuci tangan pada saat-saat tertentu, yaitu ketika membuang ingus, batuk atau pilek, “Kapan sebaiknya kita mencuci tanngan? Yaitu pertama saat kita membuang ingus, batuk atau pilek,” katanya.

Lalu, sebelum dan sesudah menjaga orang yang sakit, sebelum dan sesudah merawat luka kemudian sebelum, selama dan setelah mengolah makanan.


Berita Terkait :