KH Ghozalie Masroeri Wafat, PBNU Instruksikan Shalat Ghaib

Rahmad Novandri | Rabu, 19/02/2020 16:43 WIB
KH Ghozalie Masroeri Wafat, PBNU Instruksikan Shalat Ghaib KH Ghozalie Masroeri. (Foto: twitter @nahdlatululama)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menginstruksikan seluruh Nahdliyin, pengurus NU, lembaga, dan badan otonom untuk melaksanakan shalat ghaib, pembacaan yasin, dan tahlil untuk almarhum Ketua Lembaga Falakiyah PBNU KH Ahmad Ghozalie Masroeri.

Instruksi tersebut tertuang dalam Surat Keterangan Nomor 3916/C.I.34/02/2020 yang diterbitkan Rabu, 19 Februari 2020. Surat tersebut ditandatangani oleh Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar, Katib Aam KH Yahya Cholil Staquf, Ketua Umum KH Said Aqil Siroj, dan Sekjen HA Helmy Faishal Zaini.

"Sehubungan dengan hal tersebut, PBNU dengan ini menginstruksikan kepada seluruh Pengurus Wilayah, Cabang, Lembaga, Badan Otonom Nahdlatul Ulama dan Pondok Pesantren di semua tingkatan untuk menyelenggarakan Shalat Ghoib, Pembacaan Yasin dan Tahlil untuk Alamarhum," demikian keterangan surat instruksi itu.

Sebagaimana diketahui, KH Ghozalie Masroeri mengembuskan nafas terakhirnya pada pukul 10.45 di RS Suyoto Bintaro, Jakarta Selatan, Rabu, 19 Februari 2020. Seusai shalat asar, jenazah dishalatkan di Masjid An-Nahdlah Gedung PBNU, kemudian dimakamkan di Purwodadi, Jawa Tengah.

Kiai Ghozali dikenal sebagai ulama ahli falak. Kealimannya dalam bidang ilmu falak membuatnya menjadi rujukan banyak pihak, termasuk Kementerian Agama dalam sidang itsbat. 


Berita Terkait :