Dokter Li Wenliang, Pemrakarsa Bahaya Virus Corona di Wuhan Meninggal

Ahmad Zubaidi | Jum'at, 07/02/2020 11:24 WIB
Dokter Li Wenliang, Pemrakarsa Bahaya Virus Corona di Wuhan Meninggal Dokter Li Wenliang (foto Twitter)

WUHAN, RADARBANGSA.COM - Seorang dokter mata di sebuah rumah sakit di Wuhan sekaligus pemrakarsa pertama bahaya virus Corona, Li Wenliang, dikabarkan meninggal dunia setelah positif terinfeksi virus Corona, Jumat, 7 Februari 2020.

Li Wenliang adalah satu dari delapan orang yang sempat ditahan oleh polisi Wuhan bulan lalu karena dituduh menyebarkan informasi ilegal dan hoaks tentang virus Corona.

Rumah sakit Wuhan tempat Li bekerja mengatakan dalam sebuah pernyataan di akun Weibo-nya bahwa dia meninggal pada jam 2.58 pagi waktu setempat pada hari Jumat, dilaporkan Reuters, 7 Februari 2020.

Dilansir dari CNN, Li Wenliang adalah dokter China yang memberikan peringatan publik awal tentang coronavirus Wuhan.

Peringatan Li pertama dilakukannya pada bulan Desember 2019. Kala itu dia menyatakan potensi virus “mirip SARS”, tindakan ini membuatnya menjadi target bagi polisi Wuhan karena dinilai membuat gaduh.

Dia adalah salah satu dari beberapa petugas medis yang ditargetkan oleh polisi karena berusaha membunyikan alarm pada virus pada minggu-minggu awal wabah.

Saat ini virus Corona telah menyebabkan 28.000 orang sakit dan menewaskan lebih dari 560 orang di sejumlah negara di dunia.


Berita Terkait :