Wabah Virus Corona Meluas, PKB Minta Pemerintah Perhatikan Pekerja Migran

Rahmad Novandri | Selasa, 28/01/2020 17:30 WIB
Wabah Virus Corona Meluas, PKB Minta Pemerintah Perhatikan Pekerja Migran Nur Nadlifah (Anggota Komisi IX DPR RI FPKB). (Foto: istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Anggota Komisi IX DPR RI Nur Nadlifah meminta pemerintah untuk bertindak cepat melakukan langkah preventif dalam mengantisipasi menyebarnya wabah virus corona pada Pekerja Migran Indonesia (PMI) di China. Hal itu disampaikannya saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Plt Direktorat Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (Dirjen Binapenta) Kemnaker RI di Kompleks Senayan, Jakarta, Senin, 27 Januari 2020.

"Pemerintah harus bergerak cepat melakukan tindakan preventif, memastikan PMI kita tidak terjangkit virus corona," kata Nadlifah.

Baca Juga: Nur Nadlifah Sesalkan Pemerintah Ingkari Kesepakatan RDP Soal Iuran BPJS

Pada kesempatan itu, Legislator Fraksi PKB itu juga meminta Binapenta untuk menginstruksikan Atnaker di KBRI agar memperhatikan PMI di beberapa negara yang berpotensi terjangkit virus corona. “Selain di China, Hong Kong dan Taiwan sebagai prioritas utama, kita juga harus memperhatikan PMI dibeberapa negara yang berpotensi terjangkit virus, seperti Malaysia, Thailand, Filipina, Singapura dan Vietnam. Hal ini mengingat virus Corona sangat ganas dan penyebarannya sangat cepat,” terangnya.

Sementara itu, Plt Dirjen Binapenta mengatakan bahwa saat ini belum ada PMI yang terjangkit virus corona. Menanggapi hal itu, Nadlifah menekankan supaya langkah preventif tetap harus dilaksanakan.

“Ini cukup menenangkan hati saya. Tetapi kita harus waspada dan terus berkoordinasi lintas lembaga pemerintah untuk melakukan langkah pencegahan,” pungkasnya.

Baca Juga: Nur Nadlifah: Ibu adalah Perisai Anak dari Bahaya NAPZA

Sebagaimana diketahui, virus corona telah menimbulkan korban sebanyak 2.116 orang dan membunuh 56 jiwa. Hingga saat ini virus tersebut telah diidentifikasi di Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Thailand, Vietnam, Singapura, Nepal, Prancis, Australia, AS dan Kanada.


Berita Terkait :