Menumpuk dan Bau, PKB Desak Pemprov Segera Bersihkan Sampah di Kampung Pulo

Ahmad Zubaidi | Minggu, 05/01/2020 09:14 WIB
Menumpuk dan Bau, PKB Desak Pemprov Segera Bersihkan Sampah di Kampung Pulo Sejumlah warga Kampung Pulo antre menerima bantuan di posko Dapur Umum PKB hari ketiga (foto Radarbangsa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Wasekjen DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Triwibowo meminta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengerahkan tenaga dan alat kebersihan di wilayah bantaran kali Ciliwung, Kampung Pulo, Jatinegara, Jakarta Timur.

Menurut Bowo, pembersihan tersebut sangat diperlukan lantaran banyak sekali sampah yang berserakan di RT 13 RW 02, Jalan Inspeksi Kali Ciliwung, Kampung Pulo, Jakarta Timur dan rumah-rumah warga.

“Sampah banyak sekali di Kampung Pulo. Ini perlu ditangani serius oleh Pemerintah agar tidak menimbulkan penyakit bagi masyarakat,” tutur Bowo di Jakarta, Minggu, 5 Januari 2019.

Selain berpotensi menimbulkan penyakit dan berbau busuk, Bowo juga hawatir sampah-sampah yang bertumpuk di jalanan kembali masuk ke rumah warga dan sungai Ciliwung apabila tidak segera dibersihkan.

“Kalau hujan lagi sampah-sampah ini bisa masuk lagi ke rumah warga. Jadi tolong segera dibersihkan,” tutur Bowo.

Sementara Tim Dapur Umum PKB, saat ini juga siaga dan melanjutkan aksi bersih-bersih sekaligus menyalurkan bantuan pangan bagi korban banjir di daerah tersebut. Mereka tetap beraksi kendati Kampung Pulo tengah diguyur hujan.

Sejumlah Tenaga Ahli dan Staf PKB di DPR RI pun bahu-membahu mendistribusikan alat-alat kebersihan, seperti sapu, serok sampah, kain pel dan lain-lain ke rumah-rumah warga Kampung Pulo, Jakarta Timur sekaligus membantu membersihkan lumpur dan sisa-sisa sampah.

“Ini hari ketiga kami di Kampung Pulo. Saat ini kami fokus membantu warga bersih-bersih rumah dan jalanan,” kata anggota Tim Penanggulangan Bencana DPP PKB, Billy Ariez.