Peningkatan Kualitas APIP sebagai Upaya Kemnaker agar Raih WTP dari BPK

M. Isa | Jum'at, 26/04/2019 18:09 WIB
Peningkatan Kualitas APIP sebagai Upaya Kemnaker agar Raih WTP dari BPK Pelaksana Tugas Inspektur Jenderal (Plt Irjen) Kemnaker, Estiarty Haryani (foto: kemnaker)

PALEMBANG, RADARBANGSA.COM - Pelaksana Tugas Inspektur Jenderal (Plt  Irjen) Kemnaker, Estiarty Haryani mengatakan bahwa peningkatan kualitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) merupakan upaya Kemnaker dalam rangka meningkatkan laporan keuangan sehingga dapat mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

"Seperti kita ketahui bersama bahwa Kemnaker mendapatkan WTP dari BPK dua tahun berturut-turut pada 2016 dan 2017. Kita semua berharap tahun 2018 dapat kembali memperoleh opini WTP," kata Estiarty Haryani di Palembang, Rabu 24 April 2019.

Menurut Haryani, peningkatan kualitas APIP dilakukan melalui pemberian pelatihan soft skill baik interpersonal skills maupun intra-personal skills, integritas, kompetensi, networking, dan sertifikasi.

Diketahui, Kemnaker menggelar Rapat Koordinasi Pengawasan Inspektorat Jenderal di Palembang. Kegiatan ini diikuti 200 peserta yang terdiri dari Pejabat Tinggi Pratama atau Pejabat Administrator SKPD, Kepala UPTP, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) di bidang Ketenagakerjaan, dan Auditor Itjen.

Kegiatan tersebut mengangkat tema "Melalui Rapat Koordinasi Pengawasan Kita Tingkatkan Profesionalisme, Kualitas, dan Akuntabilitas Dalam Pengelolaan APBN Kementerian Ketenagakerjaan" ini berlangsung selama tiga hari mulai 24 April hingga 26 April 2019 di Palembang, Sumatera Selatan.

TAG : APIP , Kemnaker ,

Berita Terkait :