Kades Pujon Kidul: Bangga Sekali Bisa Belajar Tentang Desa Maju di Tiongkok

M. Isa | Senin, 25/03/2019 17:19 WIB
Kades Pujon Kidul: Bangga Sekali Bisa Belajar Tentang Desa Maju di Tiongkok Studi Banding Perdesaan ke Tiongkok (foto: kemendesgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Salah satu yang menjadi peserta studi banding perdesaan yang berangkat ke Tiongkok adalah Kepala Desa Pujon Kidul, Kabupaten Malang, Udi Hartoko. Ia mengaku sangat bangga bisa belajar langsung dari desa yang ada di Tiongkok.

“Belum sampai ke Tiongkok, tapi kami sudah sangat bangga sekali. Kami akan belajar sungguh-sungguh di Tiongkok. Kami akan bawa perubahan untuk desa di Indonesia setelah kami pulang dari Tiongkok,” kata Udi Hartoko dikutip dari laman kemendegoid, Minggu 24 Maret 2019.

Diketahui, Tiongkok dikenal sebagai negara yang berhasil meningkatkan pendapatan masyarakat perdesaan hingga 100 kali lipat dalam 40 tahun, yakni dari 20 US Dollar menjadi 2.000 US Dollar. 

“Mudah-mudahan dengan semangat kami semua, kalau di Tiongkok butuh 40 tahun, semoga di Indonesia bisa 10-20 tahun untuk merubah Indonesia. Karena kami punya impian untuk merubah desa di Indonesia menjadi desa maju seperti di Tiongkok,” 

Udi Hartoko mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang telah membuat program untuk memajukan perdesaan, “Dan ini akan kami ceritakan pengalaman kami kepada seluruh masyarakat Indonesia. Bagi kami dan masyarakat, inilah sejarah yang sangat luar biasa,” tukasnya.


Berita Terkait :