Dukung Infrastruktur Kemenag Jadi BLU, PKB: Nikah dan Resepsi Bisa di KUA

Ahmad Zubaidi | Jum'at, 02/11/2018 15:30 WIB
Dukung Infrastruktur Kemenag Jadi BLU, PKB: Nikah dan Resepsi Bisa di KUA Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI dari FPKB, Marwan Dasopang (dok Fraksi PKB)

ACEH, RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua Komisi VIII Marwan Dasopang mendorong agar pembangunan infrastruktur di bawah Kementerian Agama (Kemenag) diorientasikan untuk menjadi Badan Layanan Umum (BLU).

Selain efisiensi, kata Marwan, orientasi BLU dapat memberikan kenyamanan dan praktis bagi seluruh masyarakat yang membutuhkan.

"Katakanlah Kantor Urusan Agama (KUA), dalam membangun KUA ada persyaratannya, yaitu: dibangun di atas tanah seluas minimal 400 meter, bangunannya dibangun dengan biaya 1 Milyar, kenapa tidak sekalian saja di sana disediakan tempat pesta dan disewakan," kata Marwan Dasopang saat kunjungan kerja ke Aceh, Kamis 1 November 2018.

Menurutnya, saat ini mencari tempat resepsi pernikahan tidak mudah. Bahkan terkadang masyarakat harus memakai gang, jalanan dan fasilitas umum lainnya yang sebenarnya tidak boleh digunakan.

"Kalau kita bisa memakai gedung KUA sebagai tempat resepsi, kenapa tidak?" ungkap Marwan.

Dengan orientasi BLU, maka politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini yakin masyarakat menjadi lebih mudah dan nyaman menggelar pesta pernikahan.

"Masyarakat yang menikah tidak lagi mencari tempat sewa untuk resepsi, karena sulit," tambahnya.

Demikian juga dengan asrama haji. Legislator asal Medan, Sumatera Utara ini menilai, jika asrama haji dibuat seperti fasilitas hotel, maka itu tidak hanya digunakan pada musim haji, tetapi juga bisa disewa kepada masyarakat umum.

"Saya pikir orang akan mempunyai pertimbangan lain untuk mempergunakan asrama haji untuk menginap. Pertimbangannya adalah satu aman, kedua aman, dan yang ketiga aman. Aman pertama karena lapang, aman kedua  karena tidak dicurigai dan aman yang ketiga dari fitnah," pungkas dia.


Berita Terkait :