Jokowi Ungkap Tantangan Indonesia di Hadapan Mahasiswa Sumbawa

M. Isa | Senin, 30/07/2018 20:36 WIB
Jokowi Ungkap Tantangan Indonesia di Hadapan Mahasiswa Sumbawa Presiden Jokowi melakukan silaturahmi dengan mahasiswa di Sumbawa, (foto: setkab)

SUMBAWA, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo melakukan silaturahmi dengan Mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB), Senin 30 Juli 2018.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa tantangan terberat yang dihadapi bangsa Indonesia adalah perubahan zaman yang begitu cepat.

“Kecepatan perubahannya 3000 kali dari industri yang pertama, 3000 kali kecepatan perubahannya,” kata Presiden Jokowi.

Menurut Jokowi, Indonesia akan menghadapi sebuah perubahan yang sangat cepat sekali yang hanya bisa diantisipasi oleh universitas. "Untuk itu, saya minta perguruan tinggi sebaiknya telah menyiapkan para mahasiswa agar nantinya siap jika ada perubahan-perubahan itu," tambahnya.

Presiden memberikan contoh, pembayaran yang sekarang suka berubah. Selain ada kartu kredit kini juga ada all pay, muncul crypto currency, atau bitcoin.

“Namun, saya yakin kalau tadi lihat mahasiswanya di sini dinamis, matanya itu ceria gitu loh, pintar gitu, cerdas gitu. Beda kalau yang enggak cerdas, enggak pintar, beda, diajak bicara gini diam saja, enggak ada reaksi apa-apa kadang,” kata Presiden Jokowi.