Era Digital Peluang Daerah Tertinggal

M. Isa | Kamis, 19/07/2018 19:34 WIB
Era Digital Peluang Daerah Tertinggal Pandeglang Gelar Festival Embung (foto: kemendesa)

SURABAYA, RADARBANGSA.COM - Direktur Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal (Dirjen PDT) Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Samsul Widodo mengungkapkan bahwa revolusi industri 4.0 atau era digital dapat menjadi peluang untuk meningkatkan perekonomian daerah tertinggal.

Untuk itu, Samsul Widodo mengajak kepada seluruh pihak yang terlibat dalam pengentasan daerah tertinggal untuk memanfaatkan peluang tersebut. "Isu yang ingin kita kuatkan adalah penyusunan proposal sehingga bisa melihat secara persis kebutuhan yang ada di daerah tertinggal," jelas Samsul di Surabaya, Rabu 18 Juli 2018.

"Selain itu, isu yang kita tekankan adalah DAK Afirmasi yang perlu dioptimalkan sebesar-besarnya untuk percepatan pembangunan daerah tertinggal. Untuk mendukung isu di atas, perlu pendampingan khusus dan fasilitasi melalui technical assistant untuk dinas teknis di daerah tertinggal untuk penyusunan proposal sehingga kualitas proposal semakin baik," tambahnya.

Semua pihak harus mampu memanfaatkan era digital ini karena kalau tidak bisa tertinggal, “Jadi mau tidak mau, di daerah tertinggal juga bisa memanfaatkan situasi itu sebagai suatu peluang untuk meningkatkan perekonomian di daerah tertinggal,” tukasnya.

TAG : Era Digital ,

Berita Terkait :